JAHIRA, JAHIRA (2019) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. Diploma thesis, Ekonomi.
|
Text
JURNAL_JAHIRA_1392041008_PA.13.pdf Download (123kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Jahira, 2019. Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Makassar. (Pembimbing: Dra. Sitti Hajerah Hasyim, M.Si. dan Nuraisyiah, S.Pd., M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah pengelolaan kelas sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat yang diukur dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 140 siswa, dan Sampelnya adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 dengan jumlah 35 siswa. Sampel dipilih dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana maka diperoleh persamaan Y = 16,706 + 0,370X, artinya setiap penambahan satu satuan nilai pengelolaan kelas maka akan meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0,370 satuan. Hasil analisis product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi (r)= 0,564 berada pada interval 0,400- 0,599 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,005, sehingga dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian di terima. Kata kunci : Pengelolaan kelas, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 06:06 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 06:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13016 |
Actions (login required)
View Item |