Meningkatkan Sikap Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi, 4C, Dan HOTS Pada Siswa Kelas VII/F SMP Negeri 1 Sungguminasa

SAKRI, SAKRI (2018) Meningkatkan Sikap Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi, 4C, Dan HOTS Pada Siswa Kelas VII/F SMP Negeri 1 Sungguminasa. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
jurnal sakri.pdf

Download (484kB) | Preview

ABSTRAK SAKRI. 2018. Meningkatkan Sikap Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi, 4C, Dan HOTS Pada Siswa Kelas VII/F SMP Negeri 1 Sungguminasa Tahun Ajaran 2018/2019 (dibimbing oleh Ruslan dan Hisyam Ikhsan) Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach) yang secara umum bertujuan untuk Meningkatkan Sikap Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi, 4C, Dan HOTS Pada Siswa Kelas VII/F SMP Negeri 1 Sungguminasa. Secara khusus bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, (2) mendeskripsikan pemahaman konsep matematika dan (3) mendeskripsikan sikap peserta didik terhadap matematika yang mengacu pada Pembelajaran Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi, 4C, Dan HOTS. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sungguminasa, kelurahan Sungguminasa Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Propinsi Sulawesi Selatan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII/F SMP Negeri 1 Sungguminasa pada semester ganjil 2018/2019 sebanyak 32 peserta didik yang terdiri dari 22 peserta didik perempuan dan 10 peserta didik laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus dengan masing-masing siklus I disajikan selama 3 kali tindakan dan 1 kali pemberian tes pemahaman konsep. Siklus II disajikan selama 3 kali tindakan dan 1 kali pemberian tes pemahaman konsep. Data aktivitas pembelajaran digali dengan lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik dan lembar Sikap peserta didik. Data hasil belajar digali dengan tes hasil belajar. Data hasil penelitian menunjukkan (a) rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 59,5 meningkat menjadi 64,15 pada siklus II. (b) pada siklus I terdapat 13 peserta didik atau 40,6 % yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sedangkan pada siklus II terdapat 18 atau 56,2% yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). (c) Sikap peserta didik terhadap matematika meningkat berupa kerja sama, tanggung jawab, jujur, percaya diri, peduli lingkungan dan santun meningkat Kata kunci:Sikap, Hasil Belajar, Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi 4C dan HOTS

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Apr 2019 05:45
Last Modified: 11 Apr 2019 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13012

Actions (login required)

View Item View Item