Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 4 Makassar

MUTHALIB, ABDUL (2019) Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 4 Makassar. Diploma thesis, Ekonomi.

[img]
Preview
Text
JURNAL_ABDUL MUTHALIB.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abdul Muthalib, 2019. Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 4 Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Makassar. (Pembimbing: Dra. Sitti Hajerah Hasyim, M.Si. dan Samsinar, S.Pd,. SE,.M.Si,.Ak,. CA) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar akuntansi siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 4 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah Konsep Diri (X) dan Prestasi Belajar Siswa (Y) yang diukur menggunakan Skala Guttman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 4 Makassar yang berjumlah 34 siswa, sampel 34 siswa kelas XI IPS 1, dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, analisis koefisien korelasi product moment dan uji t dengan menggunakan SPSS 20 for windows. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana maka diperoleh persamaan Ŷ= 70,417 + 0,974 X, artinya setiap penambahan satu satuan nilai konsep diri maka akan meningkat prestasi belajar siswa sebesar 0,974 satuan. Hasil korelasi product moment (r) diperoleh sebesar 0,009 atau sebesar 90,0% menunjukkan hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa berada pada kategori sangat kuat. Hasil uji t diperoleh nilai signifikan 0,001<0,05 terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi XI IPS 1 di SMA Negeri 4 Makassar, sehingga dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian diterima. Kata kunci : Konsep Diri, Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2019 07:33
Last Modified: 10 Apr 2019 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12997

Actions (login required)

View Item View Item