HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 TINGGIMONCONG

ILYAS, ILYAS (2014) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 TINGGIMONCONG. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (277kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian survey, yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran empiris tentang kecerdasan emosional dan motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong, (3)Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong, (4)Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 125 orang, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 90 peserta didik yang dirandom berdasarkan Nomogram Harry King. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan nontes (kuesioner dan observasi). Teknik analisa data menggunakan teknik perhitungan manual dan dilengkapi dengan perhitungan menggunakan program SPSS versi 16 for windows. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5 %. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1)kecerdasan emosional peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong berada dalam kategori tinggi (2)motivasi belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong berada dalam kategori sangat tinggi (3)hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong berada dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong, (2)terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong, (3)terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, dan Listrik Dinamis

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2019 06:46
Last Modified: 10 Apr 2019 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12992

Actions (login required)

View Item View Item