Patintingan, Mersylina L. (2013) PENERAPAN METODE JARIMATIKA DI TK ASOKA MAKASSAR. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
ARTIKEL MERSYLINA.docx Download (52kB) |
Abstract
*) Email: echypatintingan@yahoo.co.id Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran penerapan metode Jarimatika dalam pembelajaran anak usia dini di TK Asoka Makassar;(2) Kesulitan dan kemudahan yang diperoleh dalam menerapkan metode Jarimatika di TK Asoka Makassar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam hal ini peneliti ingin mendeskripsikan hal yang berhubungan dengan penerapan Metode Jarimatika di TK Asoka Makassar. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode Jarimatika di TK Asoka Makassar melalui tiga tahapan yaitu tahap Enaktif, tahap Ikonik dan Tahap Simbolik. Untuk tahap Enaktif beberapa hal yang dilakukan guru seperti memperkenalkan bilangan dan berhitung permulaan dengan menggunakan benda-benda konkret dan kejadian atau peristiwa nyata yang berada disekitar anak. Metode pembelajaran yang biasa digabungkan adalah bercerita, demonstrasi (unjuk kerja) dan eksperimen. Untuk Tahap Ikonik guru menampilkan pengetahuan yang dipelajari melalui gambar dan tahap Simbolik dimana guru mulai menggabungkan antara gambar yang dimaksudkan dengan lambangnya. (2)Kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan metode Jarimatika ini ada dua yaitu a)bersumber dari guru yang meliputi:Keterbatasan guru dalam memaparkan media gambar sehubungan dengan lambang jarimatika b)penggunaan bahasa yang sederhana bagi peserta didik c) wawasan yang terbatas dalam menjawab setiap pertanyaan dan kebutuhan peserta didik, dan yang bersumber dari peserta didik: a) minder dan tidak memiliki kepercayaan diri b) sifat egosentris anak sehingga seringkali berebutan perhatian dan benda dengan temannya c)anak yang akt dan sulitnya untuk bisa fokus dalam waktu yang lama. Kemudahan yang diperoleh guru juga meliputi 2 (dua) hal yaitu: a) yang bersumber dari guru yakni guru tidak lagi kewalahan dalam menyediakan media pembelajaran b) metode ini memberikan kesenangan dan rasa antusias pada anak sehingga guru tidak lagi kesulitan mengkondisikan anak untuk siap belajar. Kata Kunci : Metode Jaritmatika Abstract : This study aimed to determine (1) description of the application of the method Jarimatika in early childhood learning in kindergarten Asoka Makassar, (2) difficulty and ease gained in applying the method in kindergarten Asoka Jarimatika Makassar. Type of research is action research is descriptive qualitative. In this case the researcher wants to describe things related to the application of methods in kindergarten Asoka Jarimatika Makassar. Data collection method is a method of observation, interviews, and documentation. Step-by-step analysis of the data, namely data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that (1) the application Jarimatika (Mathfingers) method in kindergarten Asoka Makassar through three stages Enaktif stage, stage Iconic and Symbolic Stage. For stage Enaktif some things that teachers do to introduce numbers and counting as starters by using concrete objects and events or real events that were around the child. The usual methods of learning are combined storytelling, demonstration (performance) and experiment. For Iconic Stage teacher displays knowledge learned through the images and symbolic stage where teachers began incorporating the image is meant by the symbol. (2) Constraints faced by teachers in implementing this method is twofold Jarimatika a) sourced from teachers include: Limitations of teachers in relation to media images presented symbol jarimatika b) the use of plain language for students c) limited insight in answering each question and the needs of learners, and students who come from: a) inferior and do not have the confidence b) the nature of egocentric children so often scrambling to his attention and objects c) children akt and difficult to focus for a long time. Ease obtained teacher also includes 2 (two) things: a) that comes from the teacher that the teacher is no longer overwhelmed in providing instructional media b) this method gives pleasure and enthusiasm in children the teacher is no longer difficult to condition children to be ready to learn. Keywords : Jaritmatika Methode
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 03:38 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 03:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12976 |
Actions (login required)
View Item |