PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 GOWA

Khalik, Ayu Andriani (2019) PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 GOWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (593kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa pada Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian sebanyak 170 siswa dan penentuan jumlah sampel sebesar 30 persen dari jumlah populasi sehingga diperoleh 50 sampel. Penarikan sampel menggunakan Probability Sampling dengan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data melalui teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan teknik analisis data yang terdiri atas teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan guru dilihat dari disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan, dan disiplin sikap berada pada kategori baik dengan tingkat persentase 72,09 persen, dan untuk motivasi belajar siswa dilihat dari faktor internal dan faktor eksternal berada pada ketegori tinggi dengan tingkat persentase 80,73 persen. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis korelasi product moment sebesar 0,472 yang berarti tingkat hubungan dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa pada Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Gowa. Keywords: Kedisiplinan Guru dan Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2019 03:10
Last Modified: 10 Apr 2019 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12972

Actions (login required)

View Item View Item