Pengembangan Perangkat Penilaian Autentik Berbasis Portofolio pada pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng.

USMAN, USMAN (2013) Pengembangan Perangkat Penilaian Autentik Berbasis Portofolio pada pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP.docx

Download (46kB)

ABSTRAK Usman 2013. Pengembangan Perangkat Penilaian Autentik Berbasis Portofolio pada pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng. (Dibimbing oleh Mansyur dan Syahrul) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui keefektifan perangkat penilaian autentik berbasis portofolio pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Lilirilau. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam pengembangan perangkat penilaian autentik yang berbasis portofolio yaitu: (1) kajian leteratur, (2) Perencanaan. Pada tahap ini dirancang perangkat-perangkat yang akan digunakan peserta didik dalam penilaian portofolio yang mencakup: pekerjaan rumah (PR), lembar kerja siswa (LKS), tugas kelompok, ulangan harian, lembar refleksi, tugas-tugas inilah yang akan diportofoliokan oleh peserta didik. (3) Validasi pakar, instrumen yang akan divalidasi meliputi: lembar penilaian portofolio, angket respon guru dan angket respon peserta didik terhadap perangkat penilaian portofolio pada pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 2 Lilirilau (4) Revisi Instrumen, (5) Ujicoba Instrumen, (6) Penyebaran perangkat penilaian portofolio yang valid dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) setelah instrumen divalidasi oleh pakar dengan menggunakan validasi isi Gregory, keseluruhan komponen perangkat penilaian autentik yang berbasis portofolio dinyatakan valid dengan revisi kecil, maka dilakukan revisi atau perbaikan sesuai dengan saran para pakar dan diperoleh prototipe II dan selanjutnya di ujicobakan. Proses ujicoba dilakukan dua kali untuk menghasilkan perangkat penilaian yang efektif. (2) Ujicoba perangkat penilian autentik yang berbasis portofolio pada peserta didik dari hasil lembar penilaian portofolio diperoleh nilai rata-rata lebih dari nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah, sebagian besar guru memberikan respon positif terhadap perangkat penilaian portofolio dan berada pada kategori tinggi dan sebagian besar peserta didik juga memberikan respon positif terhadap penerapan penilaian portofolio selama dua kali uji coba pada dua kelas respon peserta didik berada pada kategoti baik. Dengan demikian perangkat penilaian autentik yang berbasis portofolio yang dikembangkan efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:43
Last Modified: 10 Apr 2019 02:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12969

Actions (login required)

View Item View Item