PENGARUH VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 4 MAKASSAR

Sija, Diana Amalia Sija (2019) PENGARUH VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 4 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL DIANA AMALIA PDF.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Variasi Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Di SMK Negeri 4 Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak 141 siswa, dan sampel dalam penelitian ini yaitu 70 Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi mengajar guru dilihat dari aspek variasi gaya mengajar, variasi penggunaan media & bahan ajar, dan variasi dalam pola interaksi dan kegiatan berada pada kategori baik dengan tingkat persentase 71,33%, dan untuk motivasi belajar siswa dilihat dari aspek kuatnya kemauan untuk berbuat, jumlah waktu yang disediakan untuk belajar, kerelaan meninggalkan kewajiban atau tugas lain, dan ketekunan dalam mengerjakan tugas berada pada kategori tinggi dengan persentase 71,14%. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis korelasi product moment sebesar 0,498 yang berarti tingkat hubungan dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Variasi Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 4 Makassar. Keyword: Variasi Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Variasi Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Di SMK Negeri 4 Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak 141 siswa, dan sampel dalam penelitian ini yaitu 70 Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi mengajar guru dilihat dari aspek variasi gaya mengajar, variasi penggunaan media & bahan ajar, dan variasi dalam pola interaksi dan kegiatan berada pada kategori baik dengan tingkat persentase 71,33%, dan untuk motivasi belajar siswa dilihat dari aspek kuatnya kemauan untuk berbuat, jumlah waktu yang disediakan untuk belajar, kerelaan meninggalkan kewajiban atau tugas lain, dan ketekunan dalam mengerjakan tugas berada pada kategori tinggi dengan persentase 71,14%. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis korelasi product moment sebesar 0,498 yang berarti tingkat hubungan dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Variasi Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 4 Makassar. Keyword: Variasi Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:36
Last Modified: 10 Apr 2019 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12968

Actions (login required)

View Item View Item