PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN ADMINISTASI PERKANTORAN DI SMK NURUL QALAM MAKASSAR

Indah, Nur (2019) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN ADMINISTASI PERKANTORAN DI SMK NURUL QALAM MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (362kB)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Nurul Qalam Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak 56 siswa, dan sampel dalam penelitian ini yaitu 48 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya mengajar guru pada siswa Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Nurul Qalam Makassar dalam kategori baik, ditinjau dari indikator : gaya mengajar klasik dengan persentase mencapai 63,13 persen, gaya mengajar teknologis dengan persentase mencapai 76,77 persen, gaya mengajar personalisasi dengan persentase mencapai 78,00 persen dan gaya mengajar interaksional dengan persentase 84,00 persen. Untuk motivasi belajar siswa Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Nurul Qalam Makassar dalam kategori sangat tinggi, yang ditinjau dari : motivasi intrinsik dengan persentase mencapai 84,03 persen, dan motivasi ekstrinsik mencapai 80,28 persen. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis korelasi product moment sebesar 0,394 yang berarti tingkat hubungan dalam kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Nurul Qalam Makassar. Keyword : Gaya Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:30
Last Modified: 10 Apr 2019 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12967

Actions (login required)

View Item View Item