Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Kualitas Proses Pembelajaran pada Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Pangkep

ALFANDI, ALFANDI and Jamaluddin, Jamaluddin and Darwis, Muhammad (2019) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Kualitas Proses Pembelajaran pada Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Pangkep. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL -.pdf

Download (454kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran, kualitas pembelajaran dan pengaruh media pembelajaran terhadap kualitas proses pembelajaran pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Pangkep. Maka dari itu, untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, serta dokumentasi dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 47 orang. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan persentase dan untuk teknik analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas data, analisis korelasi product moment, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran pada siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Pangkep dalam kategori baik, ditinjau dari tiga indikator: 1) media cetak dengan tingkat persentase 79,47 persen, 2) media elektronik dengan tingkat persentase 66,98 persen,dan 3) media realita dengan tingkat persentase 74,40 persen. Untuk kualitas proses pembelajaran pada siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Pangkep dalam kategori tinggi, yang ditinjau dari enam indikator: 1) pembelajaran yang aktif dengan tingkat persentase 83,62 persen, 2) pembelajaran yang inovatif dengan tingkat persentase 79,79 persen, 3) pembelajaran yang menggunakan lingkungan dengan tingkat persentase 61,49 persen, 4) pembelajaran yang kreatif dengan tingkat persentase 75,89 persen, 5) pembelajaran yang efektif dengan tingkat persentase 82,70 persen, dan 6) pembelajaran yang menarik dengan tingkat persentase 82,13 persen. Berdasarkan analisis uji korelasi product moment dinyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap kualitas proses pembelajaran pada siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran sebesar 29,90 persen, dan dinyatakan diterima dengan tingkat pengaruh sedang. Dari hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap kualitas proses pembelajaran pada siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Pangkep.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:18
Last Modified: 10 Apr 2019 02:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12964

Actions (login required)

View Item View Item