EFEKTIVITAS PENERAPAN KODE ETIK HUBUNGAN GURU DENGAN PESERTA DIDIK DI SMK YPLP PGRI 1 MAKASSAR

Harisah, Harisah and Jamaluddin, Jamaluddin and Muh.Nasrullah, Muh.Nasrullah (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN KODE ETIK HUBUNGAN GURU DENGAN PESERTA DIDIK DI SMK YPLP PGRI 1 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN KODE ETIK HUBUNGAN GURU DENGAN PESERTA DIDIK DI SMK YPLP PGRI 1 MAKASSAR.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efektivitas penerapan kode etik hubungan guru dengan peserta didik di SMK YPLP PGRI 1Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian sebanyak 235 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi,angket, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kode etik hubungan guru dengan peserta didik di SMK YPLP PGRI 1 Makassar dengan inidkator yaitu: guru berperilaku secara profesional sebesar 90.30 persen dengan kategori sanagt efektif, guru membimbing peserta didik berada pada kategori sanagt efektif dengan nilai 88.01 persen, guru mengetahui bahwa setiap peserta didik memilki arakteristik sebesar 86.60 dengan kategori sangat efektif, guru menghimpun informasi tentang peserta didik dan mengnakannya untuk kepentingan proses pendidikan sebesar 85.74 dengan kategori sangat efektif, guru secara perseorangan atau bersama-sama secara terus-menerus berusaha menciptakan, memelihara, dan mengembangkan suasana sekolah yang menyenangkan sebagai lingkungan belajar yang efektif dan efisien bagi peserta didik sebesar 88.23 dengan kategori sangat efektif, guru menjalin hubungan dengan peserta didik yang dilandasi rasa kasih sayang dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan fisik yang di luar batas kaidah pendidikan sebesar 89.36 dengan kategori sangat efektif, guru berusaha secara manusiawi untuk mencegah setiap gangguan yang dapat mempengaruhi perkembangan negatif bagi peserta didik sebesar 90.64 dengan kategori sangat efektif, guru secara langsung mencurahkan usaha-usaha profesionalnya sebesar 63.08 dengan kategori efektif , guru menjunjung tinggi harga diri, integritas, dan tidak sekali-kali merendahkan martabat peserta didiknya sebesar 62.15 dengan kategori efektif, guru bertindak dan memandang semua tindakan peserta didiknya secara adil sebesar 87.45 dengan kategori sangat efektif, guru berperilaku taat asas kepada hukum dan menjunjung tinggi kebutuhan dan hak-hak peserta didik berada pada kategori sangat efektif dengan nilai 87.66, guru terpanggil hati nurani dan moralnya untuk secara tekun dan penuh perhatian bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didiknya sebesar 87.66 dengan kategori sangat efektif, guru membuat usaha-usaha yang rasional untuk melindungi peserta didiknya sebesar 87.87 dengan kategori sangat efektif, guru tidak boleh membuka rahasia pribadi peserta didiknya sebesar 89.79 dengan kategori sangat efektif, guru tidak boleh menggunakan hubungan dan tindakan profesionalnya kepada peserta didik sebesar 86.60 dengan kategori sangat efektif, dan guru tidak boleh menggunakan hubungan dan tindakan profesional dengan peserta didiknya untuk memperoleh keuntungan-keuntungan pribadi sebesar 82.13 dengan kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2019 06:21
Last Modified: 09 Apr 2019 06:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12945

Actions (login required)

View Item View Item