PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DI SDN 223 INPRES TANGKURU KABUPATEN MAROS

JUMRIAH, SITTI and HALING, ABDUL and MUIN, AWALUDDIN (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DI SDN 223 INPRES TANGKURU KABUPATEN MAROS. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SITTI JUMRIAH, DIKDAS 161051404047.pdf

Download (551kB) | Preview

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, gambaran kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan pengaruh metode bermain peran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Quasy Experimental Design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi siswa dan variabel bebasnya adalah metode bermain peran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 223 Inpres Tangkuru Kabupaten Maros dengan sampel yang berjumlah 46 siswa. Tahapan pengambilan sampel digunakan teknik sampling sistematis menetapkan kelas V dengan pertimbangan bahwa siswa di kelas V sebagian besar memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dengan teman. Kesulitan-kesulitan tersebut membuat komunikasi menjadi tidak efektif. Penelitian ini menggunakan instrumen angket, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan metode bermain peran di kelas eksperimen terlaksana dengan baik berdasarkan sintaks pembelajaran. Tingkat kemampuan berkomunikasi siswa meningkat setelah diberikan perlakuan metode bermain peran, hasil pretest pada kelas eksperimen dari kategori rendah menjadi tinggi. Peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa dari sebelum dan setelah perlakuan metode bermain peran berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berkomunikasi siswa di sekolah dasar. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Kemampuan Komunikasi Siswa

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:59
Last Modified: 09 Apr 2019 03:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12938

Actions (login required)

View Item View Item