Hubungan kematangan emosi dengan penyesuaian diri menantu perempuan yang tinggal bersama ibu mertua di Kabupaten Polewali Mandar

Karyawati, Karyawati (2019) Hubungan kematangan emosi dengan penyesuaian diri menantu perempuan yang tinggal bersama ibu mertua di Kabupaten Polewali Mandar. S1 thesis, PSIKOLOGI.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

ABSTRAK Karyawati, Ahmad, & Muhammad Nur Hidayat Nurdin. 2018. Hubungan kematangan emosi dengan penyesuaian diri menantu perempuan yang tinggal bersama ibu mertua di Kabupaten Polewali Mandar, Skripsi, Makassar, Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar. Penyesuaian diri merupakan salah satu permasalahan yang paling sering dialami oleh individu dalam kehidupan sehari-harinya. Tidak terkecuali bagi mereka yang sudah berkeluarga, entah itu penyesuaian bagi diri sendiri, suami, anak, mertua maupun keluarga yang lainnya. Kematangan emosi merupakan salah satu bentuk penyelesaian dalam menyesuaikan diri dilingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kematangan emosi dengan penyesuaian diri menantu perempuan yang tinggal bersama ibu mertua di kab. Polewali mandar. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik incidental sampling sebanyak 76 menantu perempuan yang berasal dari empat kecamatan, yaitu Matakali, Binuang, Polewali dan Wonomulyo di Kabupaten Polewali Mandar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri pada menantu perempuan, (p=0,000, r=0,778), semakin baik kematangan emosi maka semakin baik penyesuaian diri, semakin buruk kematangan emosi maka semakin buruk pula penyesuaian diri. Penelitian ini diharapkan agar menantu perempuan dapat meningkatkan penyesuaian diri didukung kematangan emosi yang baik pada ibu mertua sehingga tetap terjalin interaksi positif dalam rumah. Kata Kunci: Penyesuaian diri, Kematangan Emosi, Menantu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Apr 2019 02:49
Last Modified: 08 Apr 2019 02:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12923

Actions (login required)

View Item View Item