PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Maswin, Maswin (2019) PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 11 MAKASSAR. Diploma thesis, Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Artikel_Skripsi_Maswin_UNM.pdf

Download (517kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Maswin. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa Atas Keterampilan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 11 Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Makassar. (Pembimbing: Dra. Sitti Hajerah Hasyim, M.Si dan Drs. M. Yusuf A. Ngampo, M.M) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 11 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru (X1), motivasi belajar (X2) dan aktivitas belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 11 Makassar yang berjumlah 118 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 54 siswa dari total keseluruhan siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 11 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji instrumen, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru secara parsial berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar dengan tingkat signifikan <0,05 dan motivasi belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar dengan tingkat signifikan <0,05. Persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar dengan tingkat signifikan <0,05. Serta motivasi belajar dominan berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa sebesar 0,247 (24,7%) dibandingkan dengan persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru. Kata kunci : Persepsi Siswa Atas Keterampilan Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Apr 2019 02:29
Last Modified: 08 Apr 2019 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12920

Actions (login required)

View Item View Item