PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PUKULAN FOREHAND DRIVE TENIS MEJA SISWA KELAS VII.1 SMPN 1 BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Malik, Muh Aras (2019) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PUKULAN FOREHAND DRIVE TENIS MEJA SISWA KELAS VII.1 SMPN 1 BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah hanya ada 3 siswa yang berada dalam kategori tuntas atau mencapai KKM dalam melakukan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja, dengan nilai KKM 75. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang adalah sebagai berikut : Apakah ada peningkatan kemampuan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja melalui penerapan pendekatan saintifik dengan mengunakan model pembelajaran inquiry siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja dengan menerapkan pendekatan saintifik mengunakan model pembelajaran inquiry siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang berjumlah 25 siswa, terdiri atas 17 siswa putra dan 8 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan observasi lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil pengamatan menunjukkan bahwa kemampuan pukulan forehand drive siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 44% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tenis meja melalui penerapan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan kemampuan pukulan forehand drive siswa VII.1 SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Keywords: Pendekatan saintifik, Model pembelajaran inquiry, Forehand drive

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Apr 2019 02:17
Last Modified: 08 Apr 2019 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12918

Actions (login required)

View Item View Item