MODEL KEMITRAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MELALUI ON THE JOB TRAINING GURU DI DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI

Sabri, Sabri (2016) MODEL KEMITRAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MELALUI ON THE JOB TRAINING GURU DI DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
sabri.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tahapan pengembangan model kemitraan SMK melalui On the Job Training Guru di DUDI, (2) menghasilkan model kemitraan SMK melalui On the Job Training guru di DUDI telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dan menggunakan model pengembangan SABRI yang terdiri atas lima tahap yaitu (1) search, (2) analysis, (3) build, (4) revision, dan (5) implementation. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah guru Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Garudaya Bontonompo Kabupaten Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan melalui on the job training guru di dunia usaha dan dunia industri mengacu pada model SABRI: (1) Tahap search mencari solusi dari permasalahan kemitraan (2) Tahap analysis, yaitu menganalisis kebutuhan (3) Tahap build, yaitu pembangunan produk (4) Tahap revision, yaitu validasi ahli dan revisi produk yang dikembangkan serta evaluasi produk, (5) Tahap implementation, tahap pelaksanaan model. Model kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan melalui on the job training guru di dunia usaha dan dunia industri telah memenuhi kriteria kevalidan yaitu buku panduan dan modul. Model kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan melalui on the job training guru di dunia usaha dan dunia industri efektif dan layak digunakan berdasarkan aktivitas peserta on the job training yang dapat terlaksana seluruhnya dan hasil belajar mengalami peningkatan serta memenuhi standar KKM, model kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan melalui on the job training guru di dunia usaha dan dunia industri dikatakan praktis berdasarkan respon peserta on the job training berada pada kategori baik dan respon fasilitator juga berada pada kategori baik. Selanjutnya disarankan model kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan melalui on the job training guru di dunia usaha dan Dunia industri agar dapat digunakan sebagai model kemitraan SMK dan DUDI. Kata Kunci : Kemitraan, SMK , On the Job Training, DUDI

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:17
Last Modified: 08 Apr 2019 01:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12912

Actions (login required)

View Item View Item