Pengaruh Keterampilan Membuka Pelajaran terhadap Motivasi Siswa dalam Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa kelas V SDN 139 Inpres Lambatorang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros

AZIS, ASRIA (2016) Pengaruh Keterampilan Membuka Pelajaran terhadap Motivasi Siswa dalam Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa kelas V SDN 139 Inpres Lambatorang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
bab 1 ria.pdf

Download (102kB) | Preview

ABSTRAK ASRIA AZIS, Pengaruh Keterampilan Membuka Pelajaran terhadap Motivasi Siswa dalam Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa kelas V SDN 139 Inpres Lambatorang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros 2016. (Dibimbing oleh Soli Abimanyu dan Abdul Haling). Penelitian ini dilakukan di SDN 139 Inpres Lambatorang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros yang bertujuan: 1) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan keterampilan membuka pelajaran, 2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan keterampilan membuka pelajaran, 3) Untuk mengetahui gambaran motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebelum dan sesudah diberi keterampilan membuka pelajaran pada kelompok eksperimen, 4) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebelum dan sesudah diberi pembelajaran tanpa kegiatan membuka pelajaran, 5) Untuk mengetahui pengaruh keterampilan membuka pelajaran terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan desain penelitian Pre-Test Post-Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Inpres 139 Lambatorang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa kelas Va dan 15 siswa kelas Vb. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas yang menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan keterampilan membuka pelajaran mengalami peningkatan, 2) aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan keterampilan membuka pelajaran mengalami peningkatan 3) motivasi belajar siswa yang diajar dengan keterampilan membuka pelajaran mengalami peningkatan, 4) motivasi belajar siswa yang diajar tanpa keterampilan membuka pelajaran tidak mengalami peningkatan, dan 5) keterampilan membuka pelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa SDN 139 Inpres Lambatorang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Kata kunci: Keterampilan Membuka Pelajaran, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:11
Last Modified: 08 Apr 2019 01:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12911

Actions (login required)

View Item View Item