PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES MALLENGKERI II KOTA MAKASSAR

SYAM, AULIAH SARY (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES MALLENGKERI II KOTA MAKASSAR. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (i) Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada pembelajaran IPS kelas V SD Inpres Mallengkeri II Kota Makassar, (ii) Untuk mengetahui hasil belajar IPS Kelas V SD Inpres Mallengkeri II Kota Makassar. (iii) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Mallengkeri II Kota Makassar. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pretest-possttest control group design. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes hasil belajar. Populasinya adalah siswa kelas tinggi/atas yang berada di SD Inpres Mallengkeri II Kota Makassar yang masing-masing terdiri dari dua rombel dengan jumlah siswa sebanyak 216 orang. Teknik penyampelan yang digunakan adalah simple random sampling sehingga kelas VA dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 29 orang dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 29 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing yaitu menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, menyampaikan informasi, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, pemberian tugas dan memimpin kelompok bekerja dan belajar, evaluasi dan memberikan penghargaan dan penutup dengan hasil observasi guru dan siswa tiap pertemuan meningkat. Hasil belajar pre test kelompok eksperimen sebelum diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dikategorikan sedang sedangkan setelah diberikan perlakuan dikategorikan tinggi. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres Mallengkeri II Kota Makassar. Kata kunci : Model Snowball Throwing, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:03
Last Modified: 08 Apr 2019 01:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12909

Actions (login required)

View Item View Item