DESKRIPSI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA

Khaera, Miftahul (2018) DESKRIPSI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
Skripsi Miftahul Khaera.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Miftahul Khaera, 2018. Deskripsi Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kemampuan Verbal Siswa. Skripsi. Jurursan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian gabungan dengan desain penelitian sekuensial explanatoris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan kemampuan verbal siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pemberian tes kemampuan verbal, tes soal cerita matematika pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel, dan wawancara. Subjek penelitian adalah tiga orang siswa kelas XI Mipa 1 yang masing-masing terdiri dari tiga kategori, yaitu kategori kemampuan verbal tinggi, kemampuan verbal sedang dan kemampuan verbal rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis data hasil tes kemampuan verbal, analisis data hasil tes tertulis soal cerita dan wawancara. Umumnya menyelesaikan soal cerita dilakukan dengan 4 langkah menurut Polya, yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali dan interpretasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kemampuan verbal tinggi dan siswa dengan tingkat kemampuan verbal sedang mampu menyelesaikan soal cerita matematika dengan baik. Kemampuan verbal yang dimiliki memudahkan dalam menerapkan penyelesaian masalah berdasarkan langkah Polya, terutama dalam memahami masalah dan merencanakan penyelesaian. Sedangkan siswa dengan tingkat kemampuan verbal rendah hanya mampu melaksanakan langkah pertama yaitu memahami masalah. Namun, keliru dalam merencanakan penyelesaian, melakukan operasi matematika dan interpretasi hasil. Kata kunci: Kemampuan Verbal, Soal Cerita Matematika, Sistem Pertidaksamaan Linear.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Apr 2019 00:24
Last Modified: 08 Apr 2019 00:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12908

Actions (login required)

View Item View Item