Hubungan Persepsi Pengasuhan Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone

Dewi, A.Gustania Rita Sartika (2018) Hubungan Persepsi Pengasuhan Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Masters thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
gustania.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK A.Gustania Rita Sartika Dewi. 2018. Hubungan Persepsi Pengasuhan Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Tawany Rahamma, M.A. dan Dr. H. Kulasse Kanto, M.Pd) Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran persepsi pengasuhan orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, (2) mengetahui hubungan persepsi pengasuhan orangtua dengan prestasi belajar siswa di SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, (3) mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, (4) mengetahui hubungan persepsi pengasuhan orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar dan variabel bebasnya adalah pengasuhan orangtua dan motivasi belajar. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone dengan sampel yang berjumlah 152 orang. Tahapan pengambilan sampel yang pertama digunakan dengan menggunakan teknik random sampling, tahapan ini bertujuan untuk menentukan nama-nama sekolah yang akan dijadikan sampel penelitian. Tahapan pengambilan sampel yang kedua digunakan teknik purposive sampling, menetapkan kelas V sebagai unit sampel. Alasan pengambilan sampel pada siswa kelas V dengan pertimbangan bahwa siswa kelas V telah mendapatkan pengasuhan orangtua selama 11 tahun, kemudian siswa kelas V dapat, mengenali motivasi belajar dan prestasi belajar yang dimilikinya. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen angket untuk mengukur tingkat persepsi pengasuhan orangtua dan tingkat motivasi belajar siswa serta dokumentasi. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa; (1) persepsi pengasuhan orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar berada pada kategori tinggi, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi pengasuhan orangtua dan prestasi belajar (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar; dan (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi pengasuhan orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SDN Se Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Kata Kunci: persepsi pengasuhan orangtua, motivasi belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2019 08:16
Last Modified: 05 Apr 2019 08:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12905

Actions (login required)

View Item View Item