“Keefektifan Model Outbound terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Makassar”.

ARINI, SUASTIKA (2014) “Keefektifan Model Outbound terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Makassar”. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
ARINI SUASTIKA.,.docx

Download (13kB)

ABSTRAK ARINI SUASTIKA., 2014. “Keefektifan Model Outbound terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Makassar”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Salam dan Hj. Sulastriningsih Djumingin). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa dengan menggunakan model outbound, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa tanpa menggunakan model outbound, dan (3) mendeskripsikan perbedaan keterampilan menulis puisi siswa dengan menggunakan model outbound dan tanpa menggunakan model outbound. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen (posttest Only Control Design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMPN 27 Makassar tahun pelajaran 2013-2014. Penarikan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling (sampel kelompok). Sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas, yaitu kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji t, diketahui nilai t_hitung = 4,090 dan t_tabel = 2,01. Oleh karena t_hitung > t_tabel maka hipotesis penelitian diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model outbound efektif digunakan dalam menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Makassar. Adapun saran penelitian ini adalah, (1) Hendaknya pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 27 Makassar, (2) diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar melakukan pengkajian yang sama dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), (3) guru hendaknya menggunakan model outbound dalam pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:54
Last Modified: 25 Apr 2016 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

View Item View Item