ANALISIS KETERAMPILAN DAN KEMAMPUAN RENANG GAYA : BEBAS, DADA, PUNGGUNG, DAN KUPU-KUPU MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Suhada, Suhada (2012) ANALISIS KETERAMPILAN DAN KEMAMPUAN RENANG GAYA : BEBAS, DADA, PUNGGUNG, DAN KUPU-KUPU MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, FIK.

[img]
Preview
Text
PROPOSAL SUHADA.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Suhada, 2012. Analisis Keterampilan Dan Kemampuan Renang Gaya : Bebas, Dada, Punggung, Dan Kupu-Kupu Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I: H. M. Anwar Pasau, Pembimbing II: Nadewi Syam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan dan kemampuan renang mahasiswa FIK UNM. Penelitian ini termasuk penelitian Deskriptif, dengan variabel keterampilan dan kemampuan renang dalam 4 gaya renang. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa FIK UNM yang memprogram matakuliah renang. Secara random sampling diambil 30 mahasiswa yang telah lulus matakuliah renang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan dengan mengukur waktu yang ditempuh dan keterampilan melalui nilai teknik masing-masing gaya dari juri. Nilai yang diperoleh dikonversi pada norma untuk diketahui tingkat kemampuan dan keterampilan renang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dianalisis dengan menggunakan fasilitas komputer dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) Tingkat keterampilan renang gaya Bebas pada tingkat sangat baik, sebesar 43,3%. (2) Tingkat keterampilan renang gaya Dada mahasiswa FIK UNM pada tingkat baik, sebesar 53,3%. (3) Tingkat keterampilan renang gaya Punggung mahasiswa FIK UNM pada tingkat baik, sebesar 60%. (4) Tingkat renang gaya Kupu-kupu mahasiswa FIK UNM pada tingkat baik, sebesar 50%. (5) Tingkat kemampuan renang gaya Bebas pada tingkat sangat baik, sebesar 46,7%. (6) Tingkat kemampuan renang gaya Dada mahasiswa FIK UNM pada tingkat baik, sebesar 56,7%. (7) Tingkat kemampuan renang gaya Punggung mahasiswa FIK UNM pada tingkat baik, sebesar 53,3%. (4) Tingkat kemampuan renang gaya Kupu-kupu mahasiswa FIK UNM pada tingkat baik, sebesar 40%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2019 06:01
Last Modified: 05 Apr 2019 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12891

Actions (login required)

View Item View Item