Konsistensi Peserta Dalam Menjawab Soal USBN IPA Tingkat SD Dengan Menggunakan Metode Person Fit

Jafar, Resky Amalia and Mansyur, Mansyur and Pristiwaluyo, Triyanto (2019) Konsistensi Peserta Dalam Menjawab Soal USBN IPA Tingkat SD Dengan Menggunakan Metode Person Fit. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Tesis.pdf

Download (209kB)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik butir soal berdasarkan teori respon butir dan konsistensi peserta dengan menggunakan metode person fit. Sumber data penelitian adalah seluruh lembar jawaban peserta Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SD di Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone tahun pelajaran 2017/2018 mata pelajaran IPA sebanyak 1029 lembar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan ex-post facto. Hasil penelitian diperoleh (1) analisis karakteristik butir menggunakan model logistik yang cocok dengan data adalah 3 PL menunjukan instrumen tes USBN IPA tingkat SD di Kabupaten Bone tahun pelajaran 2017/2018 tidak baik. Instrumen tes ini memiliki nilai informasi tes maksimum dan nilai Standard Error of Measurement (SEM) minimum pada level kemampuan sedang. (2) Skor akhir yang diperoleh peserta ujian sebagian besar telah mencerminkan kemampuan atau pemahamannya terhadap materi yang diujikan (konsisten menjawab soal). Faktor yang menyebabkan peserta tidak konsisten menjawab soal yaitu sebagian besar disebabkan karena faktor lain selain faktor cheating (menyontek), guessing (menebak) dan careless (ceroboh). Kata Kunci: Ujian Sekolah Berstandar Nasional, Karakteristik Butir, Konsistensi, Person Fit

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2019 03:07
Last Modified: 05 Apr 2019 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12885

Actions (login required)

View Item View Item