DESKRIPSI METAKOGNISI SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Yalida, Risnawati Sarifa (2019) DESKRIPSI METAKOGNISI SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
artikel RISNAWATI SARIFA YALIDA.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metakognisi siswa dalam memahami materi matematika ditinjau dari gaya belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini sebanyak enam orang siswa dari kelas XI-MIA-1 SMA Negeri 1 Takalar Tahun Akademik 2018/2019. Instrumen penelitian berupa tes gaya belajar dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan triangulasi metode yakni membandingkan data yang diperoleh melalui observasi dokumen dan wawancara Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metakognisi siswa dalam memahami materi matematika (1) siswa yang memiliki gaya belajar visual melakukan strategi rehearsal, namun tidak melakukan strategi elaborasi dan organisasi. Strategi rehearsal yang dilakukan cenderung lengkap, yaitu berupa menggaris bawahi, membuat bangun tak beraturan untuk menandai catatan tertentu, dan membuat catatan pinggir, (2) siswa yang memiliki gaya belajar auditori melakukan strategi rehearsal berupa membuat catatan pinggir, namun tidak melakukan strategi elaborasi dan organisasi. Siswa dengan kecenderungan gaya belajar auditori lebih sering membuat catatan pinggir berdasarkan penjelasan yang guru sampaikan, (3) siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik melakukan strategi rehearsal berupa menandai ide penting, namun tidak melakukan strategi elaborasi dan organisasi. Menandai ide penting tidak selalu dibuat meskipun siswa dengan gaya belajar kinestetik mengetahui bahwa terdapat ide-ide penting dalam catatan tersebut, dan (4) metakognisi siswa berbeda berdasarkan kecenderungan gaya belajar yang dimiliki sebab adanya perbedaan cara dalam menggunakan strategi tersebut berdasarkan gaya belajarnya, meskipun jenis strategi yang digunakan oleh siswa-siswa dengan ketiga gaya belajar berbeda adalah sama, yaitu strategi rehearsal Kata kunci: metakognisi, gaya belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2019 01:59
Last Modified: 05 Apr 2019 01:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12879

Actions (login required)

View Item View Item