PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Nuranti, Shadri (2019) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 11 MAKASSAR. S1 thesis, Ekonomi.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (410kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IIS di SMA Negeri 11 Makassar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 11 Makassar yang berjumlah 118 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 54 siswa dari total keseluruhan siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 11 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi product moment, dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan pada persamaan analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y=28,562+0,674, dimana setiap penambahan satu nilai dukungan orang tua, maka nilai motivasi belajar bertambah sebesar 0,674. Dari hasil analisis korelasi product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,671 yang berada pada interval 0,600-0,799 yang berarti tingkat dukungan orang tua terhadap motivasi belajar tergolong dalam kategori kuat. Dan hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 < taraf signifikan 0,05, berarti dukungan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar sehingga dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian diterima. Kata kunci: Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar ABSTRACT This research aimed at indicating the influence of parental support toward students’ learning motivation in accounting subject of XI IIS class at SMA Negeri 11 Makassar. The population in this research was entire students of XI IIS class at SMA Negeri 11 Makassar that consisted of 118 students and the sample was 54 students. Techniques of data collection used were questionnaire and documentation. Techniques of data analysis used were simple linear regression analysis, product moment correlation analysis and t-test.The results show that the equation of simple linear regression analysis is obtained Y=28.562 + 0.674, where each addition of one value of parental support then learning motivation value increases by 0.624. from the result of product moment correlation show that correlation coefficient value is 0.671 which is in interval 0.600-0.799. meaning that the level of parental support toward learning motivation is in strong category. The result of t-test is obtained significant value 0.000< significant level 0.05. it means that parental support has significant influence on learning motivation, so it can be concluded that the hypothesis is accepted. Keywords: Parental Support and Learning Motivation.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2019 01:49
Last Modified: 05 Apr 2019 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12877

Actions (login required)

View Item View Item