PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KELAUTAN DI BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN BAROMBONG MAKASSAR

Wahyuni H, Nurul and Ali, Sidin and Arsyad, Muhammad (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KELAUTAN DI BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN BAROMBONG MAKASSAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL5.pdf

Download (218kB) | Preview

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah (i) menganalisis modul pembelajaran fisika berbasis kelautan secara validasi muka, (ii) menganalisis modul pembelajaran fisika berbasis kelautan secara validasi pakar, (iii) mendeskripsikan tanggapan taruna terhadap modul pembelajaran fisika, (iv) mendeskripsikan tanggapan instruktur terhadap modul pembelajaran fisika, (v) mendeskripsikan efektivitas modul pembelajaran fisika. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D. Subjek uji coba penelitian ini adalah taruna semester I DP IV Pembentukan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Barombong Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran fisika yang dikembangkan berdasarkan validasi muka direkomendasikan layak untuk digunakan, berdasarkan hasil validasi pakar yang dianalisis dengan teori Gregory menunjukkan koefisien konsistensi yang relevan. Hasil analisis respon taruna terhadap modul pembelajran fisika diperoleh rerata total skor adalah 104,5 yang menunjukkan kriteria positif. Sedangkan hasil analisis respon instruktur terhadap modul pembelajaran fisika diperoleh rerata skor adalah 83,0 yang menunjukkan kriteria sangat positif. Efektivitas penerapan modul pembelajaran fisika dari rerata hasil belajar taruna untuk kelas yang menggunakan modul pembelajaran fisika dalam proses pembelajaran lebih tinggi daripada rerata kelas hasil belajar taruna yang tidak menggunakan modul pembelajaran fisika pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis kelautan yang dikembangkan dinyatakan valid dan efektif sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar. Kata Kunci : modul pembelajaran fisika, respon, hasil belajar, valid, efektif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2019 01:28
Last Modified: 05 Apr 2019 01:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12872

Actions (login required)

View Item View Item