Pengaruh Bentuk Tes Penilaian Formatif dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik SMA Negeri 2 Watansoppeng

NURHASIDA, NURHASIDA (2015) Pengaruh Bentuk Tes Penilaian Formatif dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik SMA Negeri 2 Watansoppeng. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
NURHASIDA.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK NURHASIDA. Pengaruh Bentuk Tes Penilaian Formatif dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik SMA Negeri 2 Watansoppeng (dibimbing oleh Ruslan dan Patahuddin). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ; perbedaan hasil belajar Kimia antara peserta didik yang diberi bentuk tes penilaian formatif pilihan ganda dengan peserta didik yang diberi bentuk tes penilaian formatif esai, perbedaan hasil belajar Kimia antara peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dengan peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditori, perbedaan hasil belajar Kimia antara peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dengan peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetika, perbedaan hasil belajar Kimia antara peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditori dengan peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetika, dan pengaruh bentuk tes penilaian formatif terhadap hasil belajar Kimia bergantung pada gaya belajar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x3. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling (random sederhana). Dari random sederhana ini dipilih dua kelas (kelas XI.IA.1 dan kelas XI.IA.2) dan masing-masing kelas tersebut diberikan perlakuan yaitu pemberian bentuk tes penilaian pilihan ganda dan bentuk tes penilaian esai dengan melihat gaya belajar untuk setiap peserta didik. Hasil yang diperoleh: 1) Tidak terdapat perbedaan antara hasil belajar Kimia peserta didik yang diberi bentuk tes penilaian formatif pilihan ganda dengan peserta didik yang diberi bentuk tes penilaian esai, 2) Terdapat perbedaan hasil belajar Kimia antara peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dengan peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditori. Rata-rata hasil belajar kimia peserta didik dengan gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kimia peserta didik dengan gaya belajar auditori, 3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar Kimia antara peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dengan peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik, 4) Terdapat perbedaan hasil belajar Kimia antara peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditori dengan peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik. Rata-rata hasil belajar kimia peserta didik dengan gaya belajar kinestetik lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kimia peserta didik dengan gaya belajar auditori, dan 5) Pengaruh bentuk tes penilaian formatif terhadap hasil belajar Kimia tidak bergantung pada gaya belajar.   ABSTRACT NURHASIDA. 2013. The Influence of Formative Assessment and Learning Style toward Chemistry Learning Outcomes of Student at SMA Negeri 2 Watansoppeng (supervised by Ruslan and Patahuddin) The purpose of this study are to identify the difference of chemistry learning outcomes among students who were given formative assessment test in a form multiple choice an in a form of essay, the differences of chemistry learning outcomes among students who tend to have visual learning style and students with auditory learning style, the differences of chemistry learning outcomes among students who tend to have visual learning style and students with kinesthetic learning style, the differences of chemistry learning outcomes among students who tend to have auditory learning style and students with kinesthetic learning style, and the influence of formative assessment test form to the students’ chemistry learning outcomes based learning style. This is an experimental research by design of factorial 2x3. The research was conducted in SMA Negeri 2 Watansoppeng where two classes, class XI.IA.1 and class XI.IA.2, where taken as the sample of the research which is selected through simple random sampling technique. Each class was provided by different kind of treatment, namely formative assessment test in a form of multiple choice and in a form of essay by considering learning style of each student. The results indicated that: 1) there is no difference of chemistry learning outcomes among students who were given formative assessment test in a form of multiple choice an in a form of essay; 2) there is a difference of chemistry learning outcomes among students who tend to have visual learning style and students with auditory learning style. It can be seen from the mean score students with visual learning style is higher than students with auditory learning style; 3) there is no difference of chemistry learning outcomes among students who tend to have visual learning style and students with kinesthetic learning style; 4) there is a difference of chemistry learning outcomes among students who tend to have auditory learning style and students with kinesthetic learning style. It is shown on the mean score of students with auditory learning style is higher than the kinesthetic learning style; and 5) the influence of formative assessment test form to the students’ chemistry learning outcomes are not based on learning style of the students.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Nov 2016 06:25
Last Modified: 23 Nov 2016 06:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1287

Actions (login required)

View Item View Item