Persepsi Siswa Terhadap Pendidikan Tinggi Dan Kecenderungannya Memilih Pendidikan Tinggi Lanjutan (Studi Pada Siswa Kelas XII SMAN 3 Luwu Tahun ajaran 2017/2018)

Irnawati, Irnawati (2019) Persepsi Siswa Terhadap Pendidikan Tinggi Dan Kecenderungannya Memilih Pendidikan Tinggi Lanjutan (Studi Pada Siswa Kelas XII SMAN 3 Luwu Tahun ajaran 2017/2018). Diploma thesis, Ekonomi.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (823kB) | Preview

Abstract

Abstrak IRNAWATI. 2019. “Persepsi Siswa Terhadap Pendidikan Tinggi Dan Kecenderungannya Memilih Pendidikan Tinggi Lanjutan (Studi Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Luwu)”. Skripsi. Dibimbing langsung oleh Muhammad Hasan, S.Pd., M.Pd dan Ir. Hj. Marhawati M.Si. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pendidikan tinggi dan kecenderungannya memilih pendidikan tinggi lanjutan (studi pada siswa kelas XII SMA Negeri 3 Luwu). Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan populasi dari siswa kelas XII angkatan 2017/2018, yang berjumlah 242 siswa. Karena jumlah populasi yang relative besar dan tidak dapat diteliti semua sehingga perlu untuk menentukan sampel dari populasi tersebut sehingga penentuan sampel sebanyak 20% dari populasi yaitu 47 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan uji prayarat analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pendidikan tinggi dan kecenderungannya memilih pendidikan tinggi lanjutan terdapat pengaruh positif yang signifikan. Hal ini dilihat dari hasil analisis data yang dilakukan yaitu dengan persamaan regresi Y = 30,414 + 0,550X dengan koefisien determinasi sebesar 55% dan diperoleh besarnya persepsi siswa terhadap pendidikan tinggi dan kecenderungannya memilih pendidikan tinggi lanjutan, dengan nilai r hitung adalah 0,418 berada pada interval 0,40-0,599 yang berarti tingkat pengaruhnya tergolong dalam kategori cukup. Serta dilakukan uji hipotesis (uji T) dengan hasil yaitu 3,098 ≥ 2,012 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap pendidikan tinggi dan kecenderungannya memilih pendidikan tinggi lanjutan. Kata kunci: persepsi, pendidikan tinggi, pendidikan tinggi lanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2019 01:11
Last Modified: 05 Apr 2019 01:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12864

Actions (login required)

View Item View Item