Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik pada Mata Pelajaran IPA Fisika

Nurhasana., Nurhasana. (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik pada Mata Pelajaran IPA Fisika. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Nurhasana.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Nurhasana. Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik pada Mata Pelajaran IPA Fisika (dibimbing oleh Ruslan dan Kaharuddin Arafah). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat penilaian psikomotorik pada pembelajaran kemagnetan pada siswa SMP Negeri 1 Watansoppeng yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Develoment yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat penilaian psikomotorik pada pembelajaran kemagnetan pada siswa SMP Negeri 1 Watansoppeng yang valid dan reliabel. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan Lembar Kerja Berbasis Kinerja. Pengelolaan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Uji coba dilakukan di SMP Negeri 1 Watansoppeng pada siswa kelas IX-8 dan IX-9 yang terdiri dari 20 peserta didik pada masing-masing kelas dengan total subjek penelitian sebanyak 40 peserta didik. Hasil yang diperoleh pada tahap ujicoba tersebut adalah perangkat penilaian psikomotorik pada pembelajaran kemagnetan yang valid dan reliabel dengan nilai validitas butir untuk setiap Lembar Kerja Berbasis Kinerja memenuhi kriteria validitas. Sementara untuk reliabilitas Lembar Kerja Siswa 1 mencapai 0,780; Lembar Kerja Siswa 2 mencapai 0,735; Lembar Kerja Siswa 3 mencapai 0,877; Lembar Kerja Siswa 4 mencapai 0,860; dan Lembar Kerja Siswa 5 mencapai 0,513.   ASBTRACT NURHASANA. 2013. Assessment Developmen of Psychomotor on Physics Subject Matter (supervised by Ruslan and Kaharuddin Arafah) This study was a development research. The objective of the study was to develop assessment instrument of Psychomotor on magnetic lesson which was valid and reliable to students at SMPN 1 Watansoppeng. The development model used was 4-D model. Data were collected by employing observation and performance-based worksheet. Data were processed qualitatively and quantitatively. The tryout was conducted at SMPN 1 Watansoppeng to grade IX-8 and IX-9 students consisted of 20 students in each class with the total number of students 40. The results of the study obtained from the tryouts were the assessment instrument of psychomotor on magnetic lesson was valid and reliable with the item validity score to each of performance-based worksheet fulfilled the criteria of validity; whereas the reliability of worksheet of student 1 obtained 0,780; worksheet of student 2 obtained 0,735; worksheet of student 3 obtained 0,877; worksheet of student 4 obtained 0,860; and worksheet of student 5 obtained 0,513.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Nov 2016 06:23
Last Modified: 23 Nov 2016 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1286

Actions (login required)

View Item View Item