PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMAN 16 MAKASSAR

Nurfauzia, Nurfauzia (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMAN 16 MAKASSAR. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (123kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menganalisis: (1)adanya perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran penemuan dan model pembelajaran langsung tahun ajaran 2018/2019; (2)ada tidaknya pengaruh interaksi antara model pembelajaran penemuan dengan pengetahuan awal terhadap pencapaian hasil belajar fisika kelas XI MIA SMAN 16 Makassar tahun ajaran 2018/2019; (3)adanya perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran penemuan dan model pembelajaran langsung pada peserta didik yang memiliki pengetahuan awal tinggi tahun ajaran 2018/2019; dan (4)adanya perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran penemuan dan model pembelajaran langsung pada peserta didik yang memiliki pengetahuan awal rendah tahun ajaran 2018/2019. Rancangan penelitian faktorial 2 x 2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 16 Makassar berjumlah 258 orang yang terbagi atas 6 kelas. Sampel penelitian berjumlah 40 orang terdiri atas dua kelas yang dipilih secara purposive random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran penemuan dan model pembelajaran langsung tahun ajaran 2018/2019; (2)terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran penemuan dengan pengetahuan awal terhadap pencapaian hasil belajar fisika kelas XI MIA SMAN 16 Makassar tahun ajaran 2018/2019; (3)terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran penemuan dan model pembelajaran langsung pada peserta didik yang memiliki pengetahuan awal tinggi tahun ajaran 2018/2019; dan ada perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran penemuan dan model pembelajaran langsung pada peserta didik yang memiliki pengetahuan awal rendah tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model Penemuan, Pengetahuan Awal, Hasil Belajar Fisika. ABSTRACT This research is a quasi-experimental study that aims to analyze: (1) the differences in student physics learning outcomes taught by discovery learning models and direct learning models for the 2018/2019 school year; (2) the presence or absence of the influence of the interaction between the discovery learning model and the initial knowledge of the achievement of physics learning outcomes in class XI MIA SMAN 16 Makassar academic year 2018/2019; (3) there are differences in physics learning outcomes between students taught by discovery learning models and direct learning models for students who have high initial knowledge in the 2018/2019 school year; and (4) there are differences in physics learning outcomes between students taught with discovery learning models and direct learning models for students who have low initial knowledge in the 2018/2019 school year. Factorial design 2 x 2. The population in this study were all students of class XI MIA SMAN 16 Makassar totaling 258 people divided into 6 classes. The research sample amounted to 40 people consisting of two classes selected by purposive random sampling. The results of this study indicate that: (1) there are differences in learning outcomes of physics students taught by discovery learning models and direct learning models for the 2018/2019 school year; (2) there is an interaction effect between the discovery learning model and initial knowledge on the achievement of physics learning outcomes in class XI MIA SMAN 16 Makassar in the academic year 2018/2019; (3) there are differences in physics learning outcomes between students taught by discovery learning models and direct learning models in students who have high initial knowledge in the 2018/2019 school year; and there are differences in physics learning outcomes between students taught by discovery learning models and direct learning models for students who have low initial knowledge in the 2018/2019 school year. Keywords: Discovery Model, Prior Knowledge, Physics Learning Outcomes

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2019 00:32
Last Modified: 05 Apr 2019 00:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12856

Actions (login required)

View Item View Item