Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Elektronika Pada Kelompok Remaja Bontopannu Di Kabupaten Pangkep

HANAFI, HASDAR (2015) Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Elektronika Pada Kelompok Remaja Bontopannu Di Kabupaten Pangkep. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
HASDART.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HASDAR HANAFI, Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Elektronika Pada Kelompok Remaja Bontopannu Di Kabupaten Pangkep. Tahun 2015. (Dibimbing oleh Muh. Yahya dan Abdul Muis Mappalotteng) Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, model konseptual, model fisik bahan ajar keterampilan elektronika dan efektifitas bahan ajar menggunakan program Autoplay 7.0 yang difokuskan untuk mengembangkan media pembelajaran pada kelompok remaja Desa Bontopannu Kabupaten Pangkep. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang dilakukan dengan beberapa tahap yakni (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Media pembelajaran yang dikembangkan, telah divalidasi oleh dua orang ahli dengan mengalami revisi sehingga layak digunakan. Uji coba dilakukan sebanyak tiga kali yakni uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba diperluas. Hasil analisis respon pendidik menunjukkan bahwa media pembelajaran dalam katagori sangat baik. Sehingga disimpulkan bahwa media pembelajaran hasil pengembangan direspon positif oleh pelatih atau teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media Autoplay 7.0 pada teknik perawatan dan perbaikan alat telekomunikasi dinyatakan valid, praktis dan efektif penggunaan media pembelajaran di Desa Bontopannu Kabupaten Pangkep. Hasil validasi lembar ahli materi dengan total nilai rata-rata 3,5 berada dalam katagori valid dan hasil validasi ahli media dengan total nilai rata-rata 3,23 berada pada katagori valid. Dari hasil analisis respon pelatih dan peserta pelatihan dalam katagori sangat baik, sehingga dinyatakan praktis digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis data aktivitas peserta pelatihan dan peserta pelatihan dikatagorikan sangat baik, sehingga dapat dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Media, Autoplay 7.0. Pengembangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2019 05:44
Last Modified: 04 Apr 2019 05:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12844

Actions (login required)

View Item View Item