PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 18 MAKASSAR

Hasanuddin, Hasanuddin (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 18 MAKASSAR. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
jurna tesis hasan.pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada ata tidaknya perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar melalui model pembelajaran konvensional pada peserta didik SMAN 18 Makassar. (2) Ada ata tidaknya perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar melalui model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi tinggi pada peserta didik SMAN 18 Makassar. (3) Ada ata tidaknya perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar melalui model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi rendah pada peserta didik SMAN 18 Makassar. (4) Ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi terhadap keterampilan hasil belajar fisika pada peserta didik SMAN 18 Makassar. Jenis penelitian true experimental dengan factorial design. Penelitian ini menggunakan empat kelas yaitu dua kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran berbasis maslah dan dua kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penulisan ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 18 Makassar, terdiri atas delapan kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 288 orang, sedangkan sampelnya yaitu kelas X1 dan X 2 sebagai kelompok eksperimen dan X 3 dan X 5 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah sampel masing-masing kelompok terdiri dari 34 orang. Hasil penulisan menunjukkan. (i) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada peserta didik SMA Negeri 18 Makassar. (ii) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika kelompok motivasi tinggi yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada peserta didik SMA Negeri 18 Makassar. (iii) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika kelompok motivasi rendah yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada peserta didik SMA Negeri 18 Makassar.(iv) Tidak terjadi pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika pada peserta SMA Negeri 18 Makassar. Kata kunci: berbasis masalah, konvensional, motivasi belajar, dan hasil belajar fisika. ABSTRACT The objecives of the research are to find out: (1) the difference of students’ Physics learning outcomes who were taught by experience based learning model and who were taught by conventional model at SMAN 18 Makassar, (2) the difference of Physics learning outcomes of students who were taught by experience based learning model and who were taught by conventional model viewed from the high achievement motivation of student at SMAN 10 Makassar, (3) the difference of Physics learning outcomes of students who were taught by experience based learning model and who were taught by conventional model viewed from the low achievement motivation of student at SMAN 18 Makassar, (4) the interaction influence of learning model by achievement motivation toward Physics learning outcomes of students at SMAN 18 Makassar. This is true experimental research by factorial design. It employed four classes, those are two experimental classes and two control classes. Population of the research were the entire students of grade XI SMAN 18 Makassar which consisted of eight classes by number 0f 280 students. The sample obtained class XI Science 1 and XI Science 4 as experimental classes and class XI Science 5 and XI Science 6 as control classes by nmber students in each classes were 38 students. The results indicate that: (1) there are differences in Physics learning outcomes among students who were taught by experience based learning model and who were taught by conventional learning model; (2) there are differences in Physics learning outcomes among high achievement motivation students who were taught by experience based learning model and who were taught by conventional learning model; (3) there are differences in Physics learning outcomes among low achievement motivation students who were taught by experience based learning model and who were taught by conventional learning model; and (4) there is no interaction influence between learning model with achievement motivation toward Physics learning outcomes of students at SMAN 18 Makassar. Key word: Experience Based Learning Model, conventional learning model, achievement motivation and Physics learning outcomes

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2019 06:42
Last Modified: 02 Apr 2019 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12825

Actions (login required)

View Item View Item