Penyetaraan Tes Soal Kimia Try Out Ujian Nasional SMA Berdasarkan Teori Respon Butir

RUDI., AHMAD (2015) Penyetaraan Tes Soal Kimia Try Out Ujian Nasional SMA Berdasarkan Teori Respon Butir. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
AHMAD RUDI..docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK AHMAD RUDI. 2015. Penyetaraan Tes Soal Kimia Try Out Ujian Nasional SMA Berdasarkan Teori Respon Butir. (Dibimbing oleh Mansyur dan Triyanto Pristiwaluyo). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur untuk mendapatkan penyetaraan paket soal kimia Try Out Ujian Nasional, menurut tesEquatingData dengan model 2 parameter dan untuk mengetahui cara mendapatkan dua perangkat tes yang memilki kesetaraan sehingga siswa yang mengikuti perangkat tes yang berbeda tidak merasa dirugikan atau diuntungkan.Jenis penelitian ini adalah exploratif, yaitu akan mengungkap kesetaraan skor tes berdasarkan teori respons-butir.Dalam penelitian ini yang diungkap adalah kualitas tes serta kesetaraan 2 paket soal yaitu Paket 01 dan Paket 02. Subjek dalam penelitian ini adalah butir perangkat soal dan seluruh lembar jawaban peserta didik dari Try Out UN Kimia SMA di Kabupaten Polewali Mandar. Jumlah subjek adalah 427 siswa. Kualitas soal paket 01 kimia Try Out UN daya beda terdapat 11 butir dalam kategori baik dan tingkat kesulitan terdapat 26 butir dalam kategori baik. Kualitas soal paket 02 kimia Try Out UN SMA berdasarkan daya beda terdapat 31 butir dalam kategori baik dan tingkat kesulitan terdapat 26 butir dalam kategori baik. Prosedur penyetaraan tes, tahap pertama pemilihan jenis penyetaraan horizontal, kedua pemilihan desain penyetaraan common item nonequivalent group, ketiga dilanjutkan dengan estimasi parameter dengan menggunakan model 2P (daya beda dan tingkat kesulitan) dan keempat dilakukan proses penyetaraan dengan menggunakan testEquatingData. Berdasarkan hasil penyetaraan antara Paket 01 dan Paket 02 menunjukkan bahwa indeks rata-rata tingkat kesukaran pada Paket 01(12,519) lebih sukar dibandingkan dengan Paket 02 (-2,331), artinya kedua paket soal tersebut “tidak setara” dan untuk melakukan sebuah penilaian sebaiknya proses penyetaraan Paket 01 ke Paket 02 agar tidak merugikan peserta tes. Pada indeks rata-rata daya beda paket 01 (0,762) dan Paket 02 (0,637) berada pada kategori setara. Hal ini juga menunjukkan bahwa kedua Paket soal mampu membedakan kemampuan peserta yang tinggi dengan kemampuan peserta yang rendah.   ABSTRACT AHMAD RUDI. 2015. Test Equating of Chemistry Test of Senior High School’s National Examination Try Out Based on Item Response Theory .(Supervised by Mansyur dan Triyanto Pristiwaluyo). The research aimed to examine the procedure to obtain the test equating of chemistry test of senior high school’s National Examination Try Out based on item response theory, according to equating data test model 2 parameter and to discover how to obtain 2 test package which had equating so students who followed different test package would not feel disadvantaged and advantaged. The research was explorative research which would reveal the equating of test score based on item-response theory. The research revealed the test quality and the equating of 2 test packages, namely Package 01 and Package 02. The Subject of the research was the question packages item and all of the answer sheets of the students from senior high school’s chemistry national examination try out in Polewali Mandar district. The subject were 427 students. The question quality of package 01 chemistry national examination try out in terms of discrimination index so with that there were 11 items in good category and in terms of item difficulty so with that there were 26 items in good category. The question quality of packages 02 chemistry national examination try out in terms of discrimination index so with that there were 31 items in good category and in terms of item difficulty so with that there were 26 items in good category. The test equating procedures had four stage: first stage by choosing horizontal equating type, second stage by choosing common item nonequivalent group equating design, third stage continued with parameter estimation by using 2P Model (item discrimination and item difficulty) and fourth stage by conducting equating process by using equating data test. The result based on the equating between package 01 and 02 so with the average index of item difficulty on package 01 (12,519) was more difficult than package 02 (-2,331). Meaning, that both question packages were “unequal” and to conduct an assessment, the equating process should be package 01 to package 02 so not to give disadvantage for the test participants. While on the average of discrimination index, Package 01 (0,762) and Package 02 (0,637) were in equal category. This was also showed that both question packages could differentiate high and low of participants’ ability.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Nov 2016 06:18
Last Modified: 23 Nov 2016 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1282

Actions (login required)

View Item View Item