ANALISIS KEILMIAHAN TEKS AKADEMIK (BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA/SMK/MAK KELAS X EDISI REVISI 2016 TERBITAN KEMENDIKBUD) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Arifin, Sari Rahayu (2017) ANALISIS KEILMIAHAN TEKS AKADEMIK (BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA/SMK/MAK KELAS X EDISI REVISI 2016 TERBITAN KEMENDIKBUD) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Abstract. Scientific Analysis of Academic Text (Textbook Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi 2016 which is published by Educatuin and Culture Ministry) and Its Implications towards the Learning of Writing Observation Result Report Text. Makassar. The research aims to describe the scientific of academic tekxtbook, namely textbook Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi 2016 which is published by Educatuin and Culture Ministry based on the scientific characteristics of academic text, namely simple in sentence structure and rich iin information, and its implications on report text writing learning of observation results based on the perspective of Linguistic Systematic Functional (LSF) by Halliday. The research employed qualitative research method. The data source was Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi 2016 which is published by Educatuin and Culture Ministry. The data of the research were simplex sentence which showed simple characteristic and rich in information as well as words nominalization in academic text. In collecting the data, the researcher using documentation, reading, and writing technique. The results of the research reveal that the textbook Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi 2016 which is published by Educatuin and Culture Ministry that categorized as science. It is shown on characteristics of academic text, namely simple in sentence structure through the utilization of simplex sentence and rich information throughsimplex sentence and nominalitaion is categorized as scientific. From the simple characteristic in structure and rich in information through simplex sentence, it is proven by the utilization of sentence by 766 from 1392 sentences. From nominalitation side, Indonesian textbook was categorized as scientific. It is proven with nominalization by 713 from 1392 sentences. Based on observation on the students, it can be stated that the scientific of indonesian textbook on Report Text writing learning of Observation Result, namely simple in structure and rich in information can be implicated in report text structure of observation result, namely in general statement section (clasification) and the description of the sections (description of section and function) through simplex sentence by usung appendix which and nominalization. Abstrak. Analisis Keilmiahan Teks Akademik (Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi 2016 Terbitan Kemendikbud) dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keilmiahan buku teks akademik yaitu Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia X SMA/MA/SMK/MAK Edisi Revisi 2016 yang diterbitkan oleh Kemendikbud dilihat dari ciri keilmiahan teks akademik yaitu sederhana dalam struktur kalimat dan padat informasi serta implikasinya terhadap pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan cara pandang Lingusistik Sistemik Fungsional (LSF) oleh Halliday. Jenis penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif. Adapun sumber datanya diperoleh dari buku teks pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi 2016 yang diterbitkan oleh Kemendikbud. Data penelitian ini adalah kalimat simpleks yang menunjukkan ciri kesederhanaan dan kepadatan informasi serta kata nominalisasi yang dimiliki teks akademik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi 2016 Terbitan Kemendikbud dikategotikan ilmiah. Hal ini dilihat dari ciri keilmiahan teks akademik yaitu sederhana dalam struktur kalimat melalui penggunaan kalimat simpleks dan padat informasi melalui kalimat simpleks dan nominalisasi dikategorikan ilmiah. Dari ciri sederhana dalam struktur dan kepadatan informasi melalui kalimat simpleks dibuktikan dengan penggunaan kalimat sebanyak 766 dari 1392 kalimat. Adapun dari sisi nominalisasi, buku teks bahasa Indonesia dikategorikan ilmiah. Hal ini dibuktikan dengan penominalisasian sebanyak 713 dari 1392 kalimat. Berdasarkan pengamatan terhadap siswa, dapat dikatakan bahwa keilmiahan buku teks pelajaran Bahasa Indonesia terhadap pembelajaran teks laporan hasil observasi (LHO) yaitu sederhana dalam struktur dan padat informasi dapat diimplikasikan pada struktur teks laporan hasil observasi yaitu bagian pernyataan umum (klasifikasi) dan uraian bagian-bagian (deskripsi bagian dan manfaat) melalui kalimat simpleks dengan penggunaan sematan yang dan penominalisasian. Kata kunci: teks akademik, kalimat simpleks, nominalisasi dan teks laporan hasil observasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:44
Last Modified: 02 Apr 2019 03:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12812

Actions (login required)

View Item View Item