Competence Analysis And Implementation Of Academic Supervision

Amran, Abraham R. (2015) Competence Analysis And Implementation Of Academic Supervision. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ABRAHAM AMRAM RAHAWARIN.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Supervisi akademik sebagai salah satu sarana untuk membantu meningkatkan kualitas profesional tenaga pendidik, belum banyak dirasakan manfaatnya oleh para guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kompetensi dan pelaksanaan supervisi akademik pengawas Sekolah Menengah di Kota Tual Provinsi Maluku. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi sebagai data utama dan kuesioner sebagai data pendukung. Subyek penelitian ini adalah koordinator pengawas, kepala sekolah dan guru sekolah Menengah di Kota Tual Provinsi Maluku. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kompetensi dan pelaksanaan supervisi akademik pengawas Sekolah Menengah di Kota Tual Provinsi dinilai tidak efektif, karena kegiatan penyusunan program dan hasil laporan pengawas, kegiatan pemantauan, penilaian, pembimbingan dan pelatihan profesional guru tidak sesuai dengan pedoman tugas pengawasan. Yang menjadi faktor penyebabnya adalah motivasi, kompetensi dan kemampuan pengawas rendah, komunikasi tidak lancar, upaya pemberdayaan Kepala Dinas Pendidikan belum optimal, kompleksitas dan beban kerja pengawas berat, biaya, dan daya ingat pengawas yang berkurang karena dipengaruhi oleh faktor usia yang semakin lanjut. Perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui adanya hubungan dan pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap pelaksanaan supervisi akademik pengawas Sekolah Menengah di Kota Tual Provinsi Maluku. Kata Kunci : Analsis Kompetesi dan Pelaksanaan supervisi akademik pengawas. ABSTRACT This study aims to describe the analysis of competence and the implementation of academic supervisors in secondary school in Tual of Maluku Province. This study is a qualitative study using a deskriptive approach. Tecniques used in collecting the data through observation, interviews, and documentation as the main data and questionnaire as the supporting data. The subjects of the study were coodinator of supervisors, principals, and teachers of secondary schools in Tual in maluku Province. The results of the study concluded that the competence and implemantation of academic supervision of supervisiors in secondary school in Tual in Maluku Province was conducted ineffectively because the supervisiors were less involved in the training/coaching which gave impact on programming and supervisory reports. The activities of monitoring, assessment, guidance, and professional training of teachers were not is accordance with the guidelines and supervisory duties. The faktors were motivation, competence and the ability of supervisiors were still in low category, the empowerment of education department was yet optimal, the complexity and workload of supervisiors were hard, costs, and certain conditions gave influence on supervisiors’ activities. Key word : Competence Analysis And Implementation Of Academic Supervision

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Nov 2016 06:15
Last Modified: 23 Nov 2016 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item View Item