PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN KOMPETENSI DASAR 5.1 MENJELASKAN KONSEP PDB, PDRB, PNB DAN PN KELAS X DI SMA NEGERI 1 BONTOMARANNU

Istari, Julyanty Putri (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN KOMPETENSI DASAR 5.1 MENJELASKAN KONSEP PDB, PDRB, PNB DAN PN KELAS X DI SMA NEGERI 1 BONTOMARANNU. S1 thesis, Ekonomi.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (116kB) | Preview

ABSTRAK Julyanty Putri Istari. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada mata Pelajaran Ekonomi dengan Kompetensi Dasar 5.1 Menjelaskan Konsep PDB, PDRB, PNB dan PN”. Skripsi Dibimbing oleh Muhammad Dinar SE,M.S Pembimbing I dan Muhammad Hasan, S.Pd, M.Pd Pembimbing II. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran ekonomi kelas X.10 SMA Negeri 1 Bontomarannu sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.10 SMA Negeri 1 Bontomarannu. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X10 SMA Negeri 1 Bontomarannu tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 13 0rang laki-laki dan 27 orang perempuan . Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi, (b) wawancara, (c) tes, dan (d) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interprestasi, dan (d) analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh skor rata-rata untuk siklus I ialah 71,95 persen sedangkan ketuntasan klasikalnya mencapai 50 persen, dan pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh ialah 84,07 persen dan ketuntasan klasikalnya mencapai 90 persen. Meningkatnya hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division ditandai dengan semakin meningkatnya presentase kategori dari kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. Data hasil observasi menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam belajar ekonomi baik pada saat pembelajaran maupun dalam kelompoknya. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X.10 SMA Negeri 1 Bontomarannu. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2019 01:17
Last Modified: 02 Apr 2019 01:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12794

Actions (login required)

View Item View Item