RAHMAWATI, RAHMAWATI (2017) KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BAHASA BUGIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP. Diploma thesis, FBS.
|
Text
13. BAB I.pdf Download (25kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK RAHMAWATI. 2017. “Keterampilan Menulis Karangan Narasi Bahasa Bugis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Johar Amir dan Muh. Taufik). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis karangan narasi bahasa Bugis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes unjuk kerja pada sampel penelitian. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: 1) membuat daftar skor mentah, 2) menghitung nilai kemampuan siswa, 3) mencari nilai rata-rata siswa, 4) klasifikasi keterampilan menulis karangan narasi bahasa Bugis pada setiap aspek penilaian, 5) klasifikasi keterampilan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi bahasa Bugis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep dikategorikan tidak terampil karena hasil persentase siswa yang memperoleh nilai 75 sampai 100 tidak mencapai kriteria yang ditentukan yaitu 75% dari 37 jumlah sampel. Hanya 5 orang siswa (13,51%) yang mencapai nilai KKM yaitu 75, dan 32 orang siswa (86,48%) yang tidak mencapai nilai KKM. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Karangan Narasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 00:51 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 00:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12792 |
Actions (login required)
View Item |