Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Polya Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas Akselerasi SMP Negeri 6 Sengkang

Sapri, Hasri Amaliah (2016) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Polya Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas Akselerasi SMP Negeri 6 Sengkang. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
BAGIAN ISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hasri Amaliah Sapri, 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Polya Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas Akselerasi SMP Negeri 6 Sengkang. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas Akselerasi berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah Polya yang ditinjau dari kecerdasan logis-matematis. Instrumen pada penelitian ini adalah tes kecerdasan logis-matematis, tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes, wawancara, dan observasi. Pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah Polya: (1) Memahami masalah, subjek yang mampu menentukan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan tepat adalah subjek dengan kecerdasan logis-matematis tinggi dan sedang, sedangkan subjek dengan kecerdasan logis-matematis rendah hanya mampu menentukan hal-hal yang diketahui pada soal dan belum mampu menentukan hal yang ditanyakan pada soal; (2) Menyusun rencana pemecahan masalah, subjek yang mampu menyusun rencana pemecahan masalah yang relevan untuk memecahkan masalah secara tepat dan menemukan keterkaitan antara hal-hal yang diketahui untuk menemukan hal yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah adalah subjek dengan kecerdasan logis-matematis tinggi, kemudian untuk subjek dengan kecerdasan logis-matematis sedang hanya mampu menemukan keterkaitan antara hal-hal yang diketahui, sedangkan untuk subjek dengan kecerdasan logis-matematis rendah belum mampu menyusun rencana pemecahan masalah yang relevan dan menemukan keterkaitan antara hal-hal yang diketahui; (3) Melaksanakan rencana, subjek yang mampu melakukan langkah-langkah rencana pemecahan masalah dengan tepat, terampil dalam melakukan operasi hitung, dan menemukan solusi yang tepat dari masalah adalah subjek dengan kecerdasan logis-matematis tinggi, sedangkan subjek dengan kecerdasan logis-matematis sedang dan rendah mampu melaksanakan rencana pemecahan yang dibuat walaupun tidak relevan untuk memecahkan masalah dan kurang terampil dalam melakukan operasi hitung, sehingga solusi yang tepat dari masalah tidak dapat ditemukan; dan (4) Memeriksa kembali, subjek yang mampu menafsirkan solusi dari permasalahan yang telah diperoleh dan memeriksa kembali langkah-langkah dan hasil perhitungan adalah subjek dengan kecerdasan logis-matematis tinggi, sedang, dan rendah. Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematika, kecerdasan logis-matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Apr 2019 05:20
Last Modified: 01 Apr 2019 05:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12777

Actions (login required)

View Item View Item