Pengembangan Kriya Topeng Berbahan Bubur kertas untuk Kegiatan Ekstrakurikuler pada SMAN 2 Parepare.

RAMANI, HARIANA (2014) Pengembangan Kriya Topeng Berbahan Bubur kertas untuk Kegiatan Ekstrakurikuler pada SMAN 2 Parepare. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
HARIANA RAMANI.docx

Download (14kB)

ABSTRAK HARIANA RAMANI. 2014. Pengembangan Kriya Topeng Berbahan Bubur kertas untuk Kegiatan Ekstrakurikuler pada SMAN 2 Parepare. (Dibimbing oleh Abd Abdul Aziz Ahmad dan Hasnawati) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran topeng untuk siswa SMAN 2 Parepare pada kegiatan ekstrakurikur yang layak digunakan dalam pembelajaran dan untuk keefektifan modul pembelajaran topeng ditinjau dari aspek pembelajan, isi, dan tampilan. Adapun produk yang dihasilkan adalah berupa modul pembelajaran topeng yang terdiri dari beberapa komponen antara lain: (1) petunjuk untuk guru dan siswa, (2) pendahuluan, (3) pengertian topeng, (4) bentuk dasar topeng, (5) karakteristik topeng, (6) Fungsi Topeng, (7) Pengenalan bahan dan alat serta prosedur kerja membuat topeng sampai punishing. Sebelum tahap uju coba pada penelitian ini, terlebih dahulu divalidasi oleh tim ahli yaitu ahli materi dan ahli media serta guru fasilitator. Kemudian modul pembelajan di uji cobakan kesiswa melalui tiga tahap yaitu (1) uji coba awal diikuti tiga orang siswa, (2) uji coba kedua diikuti enam orang siswa, (3) uji coba besar diikuti oleh 30 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket untuk ahli media, ahli materi, guru fasilitator serta siswa yang ikut dalam tahap uji coba. Pada tahap uji coba lapangan diadakan test kreasi terhadap siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yang diekuivalen ke data kualitatif. Modul pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria yang (1) valid berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi berdasarkan hasil angket (2) praktis berdasarkan penilaian dari guru fasilitator berdasarkan hasil angket dan pada saat produk digunakan,(3) efektif berdasarkan hasil evaluasi kemampuan test kreasi yang diperoleh melalui hasil pengamatan terhadap proses dalam berkarya atau observasi. ABSTRACT HARIANA RAMANI. 2015. The Craft Development of Mask Made of Pulp on Extracurricular Activities at SMAN 2 Parepare (supervised by Abd. Aziz Ahmad and Hasnawati). The study aimed to develop learning module of mask for students at SMAN 2 Parepare on extracurricular activities eligible to be used in learning and for learning module effectiveness in terms of learning, content, and display aspects. The product would be a mask learning module consisted of several components, among others were: (1) guidance for teachers and students, (2) introduction, (3) understanding of the mask, (4) the besic shape of the mask, (5) the characteristics of the mask, (6) the functions of the mask, (7) the introduction of material, tools as well as working procedures of creating mask until the finishing phase. In order to obtain a valid and practical product, the research and development model referred to Borg & Gall’s which simplified in three strages, namely a preliminary stage, the stage of development and testing implementation, and evaluation stage. The initial validation was conducted on the pilot phase by the material experts, media experts, and facilitator teachers. Then, the learning module was tested through three stages: (1) the initial tryout to three students, (2) the second tryout to six students, (3) the large group tryout to 30 students. Data collection instrument used was a questionnaire to the media experts, materials expert, fasilitator teachers, and students who participated in the pilot phase. At the stage of field tryout, creation test was conducted to student. Data were analyzed using descriptive qualitative data analysis. The data result of learning module assessment was quantified beforehand, then synchronized into qualitative data. The learning module develoved had met the criteria of valid based on the assessment of media and material expert, practical based on the assessment of the facilitator teacher, and effective based on the results of the evaluation of students’ creation test ability who had followed the large group tryout.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Nov 2016 06:02
Last Modified: 23 Nov 2016 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1277

Actions (login required)

View Item View Item