PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DIKAITKAN DENGAN ASPEK MULTIDIMENSI SPUR PADA SISWA BERPRESTASI DI SMP ISLAM ATHIRAH

Risnamajasari, Risnamajasari (2017) PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DIKAITKAN DENGAN ASPEK MULTIDIMENSI SPUR PADA SISWA BERPRESTASI DI SMP ISLAM ATHIRAH. Masters thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TESIS.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK; Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui profil pemecahan masalah matematika dikaitkan dengan aspek multidimensi SPUR pada siswa berprestasi di SMP Islam Athirah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa berprestasi yang terdiri dari 6 orang subjek yakni tiga laki-laki dan tiga perempuan. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dibantu dengan tes pemecahan masalah matematika dan wawancara yang didesain agar sesuai dengan aspek multidimensi SPUR. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pada dimensi skills subjek cenderung: (a) melibatkan information skill; (b) melibatkan number fact skill dan arithmatics skill; dan (c) melibatkan penyederhanaan algortima dalam memecahan masalah 2) pada dimensi properties subjek cenderung: (a) melibatkan intuisi dengan pemberian alasan; (b) tidak melibatkan pengetahuan metakognisi; (c) Tidak melibatkan sifat ekuivalen; 3) pada dimensi uses subjek cenderung: (a) melibatkan konsep-konsep yang relevan dengan masalah; (b) melibatkan penggunaan konsep geometri; dan (c) melibatkan penggunaan konsep lain yang relevan seperti konsep pecahan; 4) pada dimensi representations subjek cenderung: (a) melibatkan representasi verbal dalam memahami masalah (b) melibatkan representasi gambar dengan mengumpulkan dan mengolah informasi dan (c) melibatkan representasi simbolik dengan penempatan notasi yang tepat. Kata Kunci: pemecahan masalah, multidimensi SPUR, siswa berprestasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:44
Last Modified: 28 Mar 2019 03:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12735

Actions (login required)

View Item View Item