KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERINTEGRASI NHT DENGAN MODEL MMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA FRATER MAKASSAR

Maju, Yohana Oktavia (2017) KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERINTEGRASI NHT DENGAN MODEL MMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA FRATER MAKASSAR. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ArtikelJurnal.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi keefektifan model MMP terintegrasi NHT dengan model MMP dalam pembelajaran matematika kelas XI IPA SMA Frater Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain equivalent pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA dan sampelnya yakni kelas XI IPA2 yang berjumlah 32 siswa dan XI IPA3 yang berjumlah 31 siswa terpilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara deskriptif maupun inferensial model pembelajaran MMP terintegrasi NHT pada kelas XI IPA2 memenuhi kriteria keefektifan yang ditinjau dari hasil belajar (nilai posttest, gain dan ketuntasan klasikal), aktivitas dan respons siswa. Sedangkan model MMP pada kelas XI IPA3 baik secara deskriptif maupun inferensial efektif ditinjau dari hasil belajar (nilai posttest, gain), aktivitas dan respons siswa sedangkan secara inferensial, ketuntasan klasikal kelas tidak efektif. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukkan bahwa H0 ditolak yang berarti model pembelajaran MMP terintegrasi NHT lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi trigonometri dibandingkan dengan model MMP di kelas XI IPA SMA Frater Makassar. Kata kunci: Model Pembelajaran MMP terintegrasi NHT, Model MMP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2019 02:21
Last Modified: 28 Mar 2019 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12728

Actions (login required)

View Item View Item