Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Guru di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bone

Budiana, Sartika (2016) Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Guru di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bone. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
JURNAL SARTIKA BUDIANA.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Abstrak Sartika Budiana. 2016. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Guru di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bone (dibimbing oleh Chalid Imran Musa dan Ratmawati T.) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (i) gambaran manajemen Pendidikan dan Pelatihan Guru di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, (ii) faktor pendorong dan penghambat Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan Guru Di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi serta dilakukan pengabsahan data dengan triangulasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari empat orang yaitu: Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, Kepala Badan Kepegawaian di Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, Seorang pegawai di Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, dan seorang pengawas sekolah di Dinas Pendidikan Kabupaten Bone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (i) manajemen Pendidikan dan Pelatihan Guru di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bone meliputi empat tahapan yaitu (a) perencanaan yang bersifat teknis, (b) pengorganisasian yang meliputi pembagian tugas kepanitian, (c) pelaksanaan yang merupakan implementasi dari perencanaan, dan (d) monitoring/evaluasi yang meliputi proses pengawasan sebagai bahan untuk perbaikan dalam pelaksanaan Diklat selanjutnya; (ii) terdapat faktor-faktor yang mendorong dan menghambat terkait manajemen Diklat Guru di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bone dimana faktor-faktor pendorong antara lain yaitu: UU yang mengatur tentang pelatihan, kerjasama antara lembaga-lembaga yang berperan dalam pelatihan pegawai seperti LPMP, Dinas pendidikan Provinsi, Universitas penyelenggara pelatihan dan Dinas pendidikan daerah, ketersediaan sarana dan prasarana, tingkat partisipasi yang tinggi terhadap pelatihan oleh guru-guru; sedangkan faktor-faktor penghambatnya antara lain: masih ada sekolah yang aksesnya jauh, seperti daerah pedalaman dan kepulauan sehingga guru di sekolah tersebut tidak dapat mengikuti pelatihan, keterbatasan anggaran, dan dinas pendidikan daerah terbatas dalam melakukan pelatihan guru dikarenakan dinas pendidikan bukan merupakan instansi yang berwewenang merumuskan/ menentukan pelatihan yang akan di lakukan di daerah. Kata kunci: Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Guru, Diklat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2019 01:47
Last Modified: 28 Mar 2019 01:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12725

Actions (login required)

View Item View Item