Evaluasi Program Ekstrakurikuler Seni SMP Negeri 27 Makassar

Mallita, Ayoratsiogusnagung (2019) Evaluasi Program Ekstrakurikuler Seni SMP Negeri 27 Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL (AYORATSIOGUSNAGUNG MALLITA_162051201005).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract: The study aims at examining (1) the art extracurricular program plan at SMPN 27 Makassar, (2) the art extracurricular program implementation at SMPN 27 Makassar, (3) the art extracurricular program result at SMPN 27 Makassar. The study employed Countenance stake evaluation model. The study focused on the program planing stage which covered optimization of school elements, communication with various parties outside of the school, and optimization of tutors of coaches. The program implementation stage covered facility of activities and implementation of activities. The program result stage covered achievement of objectives, conducive atmosphere, and consistency of guidance. The research subjects were art teachers as the instructors in art extracurricular and students. Data were collected by employing observation, interview, and documentation techniques. Data were analyzed using data collection, data condensation, data display, and conclusion drawing or verification. Data validity employed method triangulation and source triangulation. The results of the study reveal that (1) the art extracurricular program plan covered optimization of school elements and communication to various parties outside of the school had note achieved the set standart; where as optimization of teachers had achieved the set standard, (2) the art extracurricular program implementation which covered facilitiy of activities and the implementation process of activities had not achieved the set standard, (3) the art extracurricular program result which covered achievement of objectives and conducive atmosphere had achieved the set standard; homever, the consistency of guidance had not achieved the set standard. Keywords: Art Extracurricular, Countenance Stake. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perencanaan Program Ekstrakurikuler Seni SMP Negeri 27 Makassar; (2) untuk mengetahui pelaksanaan Program Ekstrakurikuler Seni SMP Negeri 27 Makassar; (3) untuk mengetahui hasil Program Ekstrakurikuler Seni SMP Negeri 27 Makassar. Penelitian ini menggunakan model evaluasi Countenance Stake. Fokus dalam penelitian ini yaitu pada tahap perencanaan program meliputi optimalisasi unsur sekolah, komunikasi dengan berbagai pihak diluar sekolah, dan optimalisasi tenaga Guru pembimbing/pelatih, tahap pelaksanaan program meliputi fasilitas kegiatan, dan pelaksanaan kegiatan, tahap hasil program meliputi pencapaian tujuan, suasana kondusif, dan konsisten terhadap panduan. Subjek dalam penelitian ini yaitu, Guru Seni sebagai Pembimbing/Instruktur/Pelatih dalam kegiatan Ektrakurikuler Seni, dan Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/verifying). Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan program Ekstrakurikuler Seni meliputi optimalisasi unsur sekolah dan komunikasi dengan berbagai pihak diluar sekolah, belum mencapai standar yang ditetapkan, sedangkan aspek optimalisasi guru pembimbing/instruktur/pelatih sudah mencapai standar yang ditetapkan; (2) pelaksanaan Program Ekstrakurikuler Seni meliputi fasilitas kegiatan dan proses pelaksanaan kegiatan, belum mencapai standar yang ditetapkan; (3) hasil Program Ekstrakurikuler Seni meliputi pencapaian tujuan dan suasana kondusif sudah mencapai standar yang ditetapkan, namun dalam hal kekonsistenan terhadap panduan belum mencapai standar yang ditetapkan. Kata Kunci: Ekstrakurikuler Seni, Countenance Stake.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:16
Last Modified: 27 Mar 2019 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12719

Actions (login required)

View Item View Item