PENINGKATAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE LOMPAT BOOKS PADA MURID KELAS V SDN NO.82 BALANGLOE SAPANANG KABUPATEN JENEPONTO

JAFAR, MUHAMMAD JUFRI (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE LOMPAT BOOKS PADA MURID KELAS V SDN NO.82 BALANGLOE SAPANANG KABUPATEN JENEPONTO. S1 thesis, FIK.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (154kB) | Preview

ABSTRAK Muhammad Jufri Jafar, 2019., Peningkatan kemampuan lompat melalui metode lompat books pada murid SDN N0.82 Balangloe Sapanang Kabupaten Jeneponto. Skripsi, Makassar: Fakultas Ilmu Keolahragaan, Uiversitas Negeri Makassar, Februari 2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dua siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN N0.82 Balangloe Sapanang Kabupaten Jeneponto yang berjumlah 24 murid. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas terhadap murid, dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran lompat jauh melalui metode lompat books selama dua siklus dapat meningkat. Sedangkan nilai kuantitatif dapat dilihat dari hasil tes unjuk kerja teknik dasar lompat jauh. Nilai Rata-rata murid siklus 1 pertemuan pertama 65,6 dan pada siklus pertama pada pertemuan kedua 69,01 dan murid yang mencapai KKM 12,5% atau sebanyak 3 murid dari ketentuan yaitu 75%.Pada siklus kedua pertemuan pertama rata-rata meningkat menjadi 76,04 dan pada siklus kedua pertemuan meningkat 79,30 dan murid yang mencapai KKM 100% atau 24 murid. Hal ini membuktikan bahwa metode lompat books yang digunakan sebagai metode pembelajaran lompat jauh sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > PGSD D2 Dikjas
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2019 02:40
Last Modified: 26 Mar 2019 02:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12711

Actions (login required)

View Item View Item