KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROBLEM POSING, OPEN ENDED PROBLEM, ELPSA, DAN PROBLEM SOLVING SETTING KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA

ANAS, ASWAR (2019) KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROBLEM POSING, OPEN ENDED PROBLEM, ELPSA, DAN PROBLEM SOLVING SETTING KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ASWAR ANAS, 2019. Komparasi Keefektifan Pendekatan Problem Posing, Open Ended Problem, ELPSA, dan Problem Solving Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa (Dibimbing oleh Muhammad Darwis M dan Suwardi Annas). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keefektifan pendekatan problem posing, open ended problem, ELPSA, dan problem solving setting kooperatif dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah adalah randomized pretest-posttest comparison group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa yang terdiri dari 12 kelas dan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling terdiri dari 4 kelas. Instrumen dalam penelitian ini adalah (1) tes hasil belajar, (2) lembar observasi aktivitas siswa, dan (3) Angket minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan problem solving efektif; (2) penerapan pendekatan open ended problem efektif; (3) penerapan pendekatan ELPSA efektif; (4) penerapan pendekatan problem posing efektif; (5) komparasi keefektifan secara berturut-turut yaitu pendekatan ELPSA, open ended problem, problem solving, dan problem posing. Hasil anova menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar secara signifikan. Demikian pula tidak ada perbedaan secara signifikan. Demikian juga tidak ada perbedaan minat belajar secara signifikan. Dengan demikian, secara inferensial tidak terdapat perbedaan secara signifikan pendekatan problem solving, open ended problem, ELPSA, dan problem posing setting kooperatif dalam pembelajaran matematika pada kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Kata Kunci: Komparasi, Keefektifan, Pendekatan Saintifik, Pendekatan ELPSA, Pendekatan Open-Ended, dan Setting Kooperatif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2019 07:13
Last Modified: 21 Mar 2019 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12688

Actions (login required)

View Item View Item