Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS di SD Inpres Tamalanrea 3 Kota Makassar

KAHARUDDIN, NUR HIKMAH NEMIN (2015) Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS di SD Inpres Tamalanrea 3 Kota Makassar. S2 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
NUR HIKMAH NEMIN KAHARUDDIN..docx

Download (11kB)

ABSTRAK NUR HIKMAH NEMIN KAHARUDDIN. 2014. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS di SD Inpres Tamalanrea 3 Kota Makassar (dibimbing oleh H.Alimuddin Mahmud dan Patahuddin). Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui gambaran penggunaan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SD Inpres Tamalanrea 3 Kota Makassar; (ii) mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa di SD Inpres Tamalanrea 3 Kota Makassar sebelum dan sesudah penggunaan multimedia pembelajaran; (iii) menguji pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar IPS di SD Inpres Tamalanrea 3 Kota Makassar. Jenis penelitian merupakan pre eksperimental dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Tamalanrea 3 Kota Makassar. Pada penelitian ini menggunakan satu subjek penelitian, yaitu kelas 5 yang terpilih sebagai kelas eksperimen. Instrument penelitian berupa tes hasil belajar berupa pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa baik sebelum maupun sesudah diberikan perlakuan. Data dianalisis statistic deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar IPS siswa. Analisis statistic inferensial untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t dependen atau Paired-Sample T Test dengan bantuan SPSS versi 16,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) pembelajaran IPS dengan menggunakan multimedia pembelajaran dilaksanakan oleh guru dilakukan sesuai dengan tahapan pembelajaran meliputi tahapan pendahuluan, bagian inti, dan bagian penutup di mana selama proses pembelajaran, siswa disajikan tayangan-tayangan baik itu multimedia linier maupun interaktif yang berkaitan dengan materi, (ii) rata-rata hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan mengalami peningkatan yaitu sebesar 82,50 dibandingkan sebelum diberikan perlakuan yaitu 56,66; (iii) terdapat pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa dengan nilai Sighitung 0,000 < α (0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Nov 2016 05:46
Last Modified: 23 Nov 2016 05:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1268

Actions (login required)

View Item View Item