PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIK-SAINTIFIK DI KELAS VII.1 SMP NEGERI 2 SAJOANGING KABUPATEN WAJO

DARNAWATI, DARNAWATI (2019) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIK-SAINTIFIK DI KELAS VII.1 SMP NEGERI 2 SAJOANGING KABUPATEN WAJO. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
JURNAL DARNAWATI.pdf

Download (323kB) | Preview

ABSTRAK DARNAWATI. 2019. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Realistik-Saintifik di Kelas VII.1 SMP Negeri 2 Sajoanging Kabupaten Wajo (dibimbing oleh Suradi Tahmir dan Nurdin Arsyad) Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sajoanging yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas VII.1 SMP Negeri 2 Sajoanging melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan realistik-saintifik Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan sebanyak dua siklus, pada siklus pertama sebanyak lima kali pertemuan dan siklus 2 sebanyak empat kali pertemuan. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah teknik tes berupa tes hasil belajar yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa, teknik observasi berupa lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa dalam kelompok, serta teknik angket berupa lembar angket respons siswa untuk mengetahui respons siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Adapun data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran matematika siswa kelas VII.1 SMP Negeri 2 Sajoanging meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan realistik-saintifik. Hal ini ditunjukkan oleh: 1) Meningkatnya rata-rata hasil belajar matematika siswa dari pratindakan ke siklus 1 dan siklus 2, yaitu 71 pada pratindakan meningkat menjadi 78 pada siklus 1 dan 87 pada siklus 2; 2) Meningkatnya persentase siswa yang tuntas belajar (mencapai KKM sesuai yang berlaku di SMP Negeri 2 Sajoanging pada mata pelajaran matematika) dari pratindakan, siklus 1 dan siklus 2 yaitu hanya 3 siswa pada pratindakan menjadi 10 siswa pada siklus 1 dan 18 siswa pada siklus 2. Hal ini berarti pada siklus 2 telah mencapai ketuntasan belajar baik secara individual maupun klasikal; 3) Meningkatnya rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 3.6 (kriteria baik) pada siklus 1 meningkat menjadi 3.9 (kriteria baik) pada siklus 2; 4) Meningkatnya persentase aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 70% (kategori tinggi) pada siklus 1 meningkat menjadi 81% (kategori tinggi) pada siklus 2; dan 5) Meningkatnya persentase respon siswa dari pratindakan ke siklus 1 dan siklus II yaitu hanya 63% mengalami peningkatan pada siklus 1 menjadi sebesar 81% dan 90% pada siklus 2. ABSTRACT DARNAWATI. 2019. Improving the Quality of Mathematics Learning through the Application of a Cooperative Model with a Realistic-Scientific Approaches to Grade VII.1 at SMPN 2 Sajoanging in Wajo District (supervised by Suradi Tahmir and Nurdin Arsyad) This research was conducted at SMPN 2 Sajoanging which aims at improving the quality of mathematics learning in grade VII.1 at SMPN 2 Sajoanging through the application of cooperative learning model with a realistic-scientific approaches. This is a classroom action research conducted in two cycles. The first cycle was conducted in five meetings and the second in cycle was conducted four meetings. The data collection technique applied in this study were learning outcomes test to discover mathematics learning outcomes of students, observation sheet to observe the implementation of learning and activities of students’ in groups, and questionnaire of student’s response to evamine the students’ response on learning model applied. Data were then analyzed quantitatively and qualitatively. The conclusions of the study are the quality of student mathematics learning increaser through the application of cooperative learning model with realistic-scientific approaches, proven by: 1) the increase in the average mathematics learning outcomes of students from the pre-action, cycle 1 and cycle 2, than 71 in pre-action improves to 78 in cycle 1 and 87 in cycle 2; 2) the increased percentage of students who completed the learning (achieved the KKM as applicable at SMPN 2 Sajoanging in mathematics subject) from pre-action, cycle 1 and cycle 2 which is only 3 students in pre-action to 10 students in cycle 1 and cycle 2, that only 3 students in pre-action increase to 10 students in cycle 1 and 18 students in cycle 2. It meant that the cycle 2 had achieved good learning completeness individually and classically; 3) the increase in the average of learning implementation from cycle 1 to cycle 2 by 3.6 (good criteria) in cycle 1 improved to 3.9 (good criteria) in cycle 2; 4) the increased percentage of students’ activities from cycle 1 to cycle 2 by 70% (high category) in cycle 1 improved to 81 % (high category) in cycle 2; and 5) the increased percentage of students’ responses from pre-action from cycle 1 tocycle 2, that 63% improved an in cycle 1 to 81% and 90% in cycle 2.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2019 05:33
Last Modified: 21 Mar 2019 05:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12673

Actions (login required)

View Item View Item