HUBUNGAN KELENTUKAN, KESEIMBANGAN DAN KEKUATAN TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN SEPAKSILA DALAM PERMAINAN SEPAKTAKRAW PADA MURID SD NEGERI 70 WELE KABUPATEN WAJO

KAHAR, AHMAD RIFALDI (2019) HUBUNGAN KELENTUKAN, KESEIMBANGAN DAN KEKUATAN TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN SEPAKSILA DALAM PERMAINAN SEPAKTAKRAW PADA MURID SD NEGERI 70 WELE KABUPATEN WAJO. S1 thesis, FIK.

[img]
Preview
Text
jurnal-dikonversi.pdf

Download (179kB) | Preview

ABSTRAK AHMAD RIFALDI KAHAR. 2017. Hubungan kelentukan, keseimbangan dan kekuatan tungkai dengan kemampuan sepaksila dalam permainan sepaktakraw pada murid SD Negeri 70 Wele Kabupaten Wajo. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Kelentukan adalah latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sepaksila dalam permainan sepaktakraw. Dalam penelitian ini, bentuk tes kelentukan yang digunakan adalah tes split, yaitu menggerakkan tungkai kaki kiri dan kanan secara terpisah/berlawanan yakni kedua tungkai kaki bergerak masing-masing ke samping dalam keadaan lurus untuk split ke samping salah satu tungkai kaki lurus ke depan dan kaki yang lain lurus ke belakang dan masing-masing rapat ke lantai. Gerakan ini dilakukan ke samping kiri maupun ke samping kanan secara terus menerus sampai batas repitisi yang ditentukan. Keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan posisi badan pada suatu sumbu dengan menggunakan tes keseimbangan dinamis. Kekuatan tungkai adalah kemampuan tungkai untuk melakukan kontraksi guna membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan. Kekuatan tungkai diukur dengan menggunakan alat yaitu tes kekuatan tungkai. Kemampuan sepaksila yang dimaksud adalah kemampuan seseorang melakukan sepakan minimal setinggi bahu untuk mengetahui kemampuan sepaksila seseorang adalah tes sepaksila selama 1 menit. Populasi penelitian ini adalah murid SD Negeri 70 Wele Kabupaten Wajodengan jumlah sampel penelitian 40 orang murid. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasional dengan melalui program SPSS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelentukan, keseimbangan dan kekuatan tungkai dengan kemamuan sepaksila dalam permainan sepaktakraw pada murid SD Negeri 70 Wele Kabupaten Wajo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa(1) Ada hubungan yang signifikan antara kelentukan dengan kemampuan sepaksila dalam permainan sepaktakraw pada murid SD Negeri 70 Wele Kabupaten Wajo. (2 Ada hubungan yang signifikan antara keseimbangan dengan kemampuan sepaksila dalam permainan sepaktakraw pada murid SD Negeri 70 Wele Kabupaten Wajo. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan tungkai dengan kemampuan sepaksila dalam permainan sepaktakraw pada murid SD Negeri 70 Wele Kabupaten Wajo. (4) Ada hubungan yang signifikan antara kelentukan, keseimbangan dan kekuatan tungkai secara bersama-sama dengan kemampuan sepaksila dalam permainan sepaktakraw pada murid SD Negeri 70 Wele Kabupaten Wajo. .

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > ILmu Keolahragaan
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2019 02:35
Last Modified: 21 Mar 2019 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12665

Actions (login required)

View Item View Item