PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH UNGGULAN (STUDI KASUS SMA NEGERI 11 PANGKEP DAN SMA NEGERI 13 PANGKEP)

LATIF, SURIANA (2019) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH UNGGULAN (STUDI KASUS SMA NEGERI 11 PANGKEP DAN SMA NEGERI 13 PANGKEP). S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
jurnal anha.pdf

Download (150kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Peran guru dalam meningkatkan kualitas sekolah unggulan di SMA Negeri 11 Pangkep dan SMA Negeri 13 Pangkep. 2) Faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam meningkatkan sekolah unggulan di SMA Negeri 11 Pangkep dan SMA Negeri 13 Pangkep. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 16 orang yang masing-masing terdiri dari 6 guru di SMA Negeri 11 Pangkep dan SMA Negeri 13 Pangkep ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria guru yang telah mengajar selama 4 tahun dan 4 siswa yang terdaftar sebagai siswa di SMA Negeri 11 Pangkep dan SMA Negeri 13 Pangkep tahun 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,; 1) Peran guru telah berjalan dengan baik dalam membuat model pembelajaran, menggunakan buku-buku keluaran terbaru sebagai referensi pembelajran, pengunaan media pembelajaran, melakukan home visit atau kunjungan rumah dan membuat kelompok belajar yang menyesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. 2) Faktor pendukung terlaksananya peran guru yaitu etos kerja dari masing-masing guru dan kepemimpinan kepala sekolah yang turut aktif dalam mengembangkan kemampuan guru. Adapun kendala yang dialami pada pelaksanaan peran guru yaitu kendala eksternal dan kendala internal. Kendala internal terdiri dari kurangnya motivasi dan kompetensi karena banyak yang tidak sesuai dengan bidangnya sedangkan kendala eksternal terkait dengan sarana dan prasaran yang tersedia dalam melancarkan kinerja guru ABSTRACT This study aims to determine; 1) The role of teachers in improving the quality of superior schools in Pangkep 11 High School and Pangkep Public High School 13. 2) Factors that support and hinder teacher efforts in improving superior schools in Pangkep 11 High School and Pangkep Public High School 13. This type of research is qualitative research. The number of informants in this study were 16 people, each consisting of 6 teachers in Pangkep 11 High School and Pangkep Public High School 13 determined by purposive sampling technique with the criteria of teachers who had taught for 4 years and 4 students registered as students in Public High Schools 11 Pangkep and SMA Negeri 13 Pangkep in 2017/2018. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The technique of analyzing qualitative data is through three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Technique of validating data using member check. The results showed that ,; 1) The role of the teacher has gone well in making the learning model, using the latest books as reference learning, the use of learning media, conducting home visits or home visits and creating study groups that adjust to the level of students' abilities. 2) Supporting factors for the implementation of the teacher's role are the work ethic of each teacher and the leadership of the principal who actively participates in developing the teacher's abilities. The obstacles experienced in implementing teacher roles are external constraints and internal constraints. Internal constraints consist of a lack of motivation and competence because many are not in accordance with their fields while external constraints are related to the facilities and infrastructure available in facilitating teacher performance.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2019 06:24
Last Modified: 19 Mar 2019 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12647

Actions (login required)

View Item View Item