EFEKTIVITAS KELEMBAGAAN PENDIDIKAN NONFORMAL (Studi pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kabupaten Majene)

MUSLIMIN, MUSLIMIN (2016) EFEKTIVITAS KELEMBAGAAN PENDIDIKAN NONFORMAL (Studi pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kabupaten Majene). S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
9. jurnal internasional.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muslimin. Efektivitas Kelembagaan Pendidikan Nonformal (Studi pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kabupaten Majene) (dibimbing oleh Muhammad Basri, Gufran D. Dirawan dan Abdullah Sinring) Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis dan mendeskripsikan eksistensi kelembagaan PKBM, efektivitas kelembagaan PKBM, faktor-faktor determinan terhadap efektivitas kelembagaan PKBM dan rumusan model tentative yang efektif kelembagaan pendidikan non formal pada PKBM di Kabupaten Majene. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Data penelitian diperoleh dari informan sebanyak 6 orang. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Tingkat kesahihan dan keandalan data melalui pengabsahan data dengan memeriksa tingkat kredibilitas, transferabilitas, kebergantungan dan konfirmabilitas. Data di analisis menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui proses data collection, data display dan conclusion/verification. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa (1) Eksistensi kelembagan PKBM ditentukan oleh kemampuan mempertahankan dan menjaga kualitas pengelolaan SDM, menciptakan budaya kerja dan kedisiplinan, meningkatkan pemahaman terhadap deskripsi kerja, menjalankan strategi peningkatan kualifikasi SDM, pemenuhan sarana dan prasarana, penyediaan anggaran, mendorong minat calon warga belajar, menggali potensi lokal, menetapkan desain lembaga dan restruktur organisasi serta memenuhi standar pengelolaan pendidikan formal, (2) Peningkatan kualitas program dan kegiatan pada PKBM di kabupaten Majene dapat diwujudkan melalui pelaksanaan pengembangan Sarana fisik dan non fisik, melaksanakan kegiatan Bidang layanan pendidikan dan menjalankan strategi peningkatan profesionalisem tutor melalui: pelatihan tutor dan workshop PKBM, (3) Faktor determinan terhadap evektivitas kelembagaan pendidikan nonformal dalam meningkatkan kualitas program dan kegiatan pada PKBM adalah Dukungan SDM yang memadai, sikap pelaksana cukup positif dalam merealisasikan program PKBM, mengakomodasi budaya lokal, penyiapan Infrasturktur transportasi dan komunikasi serta dukungan dan akseptasi dari pemerintah, tokoh masyarakat, orang tua dan tokoh pendidikan, dan (4) Model kelembagaan yang efektif adalah Model Kemitraan berbasis Program dalam mendorong sinergitas, kemandirian dan keberlanjutan kelembagaan PKBM di Kabupaten Majene untuk mempercepat progres menjadi lembaga yang mandiri. Kata Kunci: PKBM, Eksistensi, Efektivitas, Model Tentatif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2019 06:10
Last Modified: 19 Mar 2019 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12646

Actions (login required)

View Item View Item